Wujudkan Internet Sekolah Pedesaan Butuh Puluhan Juta

0
728
INTERNET: Pihak sekolah di pedesaan harus gelontorkan dana puluhan juta untuk berlangganan jasa internet. Tampak siswa SMKN 1 BS saat menggunakan layanan internet sekolah

KOTA MANNA – Sekolah wilayah pedesaan sepertinya akan sulit untuk berlangganan jasa internet. Pasalnya harus mengeluarkan biaya hingga puluhan juta jika ingin berlangganan internet. Apalagi wilayah sekolah di pedesaan berada di area blackspot.
Kepala Cabang PT. Telkom BS, Falahuddin, mengatakan sekolah harus memasang tower khusus sebagai alat penangkap jaringan internet yang dipancarkan oleh tower induk Telkom. Untuk memasang tower, pihak sekolah setidaknya membayar Rp 30 juta.
“Sistemnya radio link yang jaringannya dipancarkan dari tower induk. Satu tower untuk satu sekolah, itu lantaran kabel jaringan internet tidak sampai ke wilayah pedesaan,” ungkap Falahuddin.
Sementara untuk sekolah dalam kota, sekali pasang jasa internet hanya butuh Rp 720 ribu untuk jaringan internet berkapasitas 1 Mbps. Dikatakan Falahuddin, ada program khusus, Astinet, untuk sekolah dan kantor jika ingin berlangganan jasa internet.
“Tergantung kemampuan sekolah atau kantor. Semakin besar kapasitasnya, ya lebih mahal lagi tarifnya,” pungkasnya. (cas)