Wartawan Tak Boleh Beritikad Buruk

Pengurus PWI BS Periode 2020-2023 Resmi Dilantik

0
57
LANTIK : Pengurus PWI BS yang baru dilantik berfoto bersama Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Pjs Bupati BS dan Forkominda BS

KOTA MANNA – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu Selatan, periode 2020-2023, resmi dilantik. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Anthoni di Balai Sekundang Setungguan, kemarin (26/11) pukul 08.00 WIB.

Dikatakan Zacky, di era demokrasi yang modern saat ini, pers menjelma sebagai pilar keempat demokrasi yang memiliki peran penting dalam menyukseskan agenda pembangunan dan menyuarakan kepentingan rakyat. “Wartawan ini punya peran besar terhadap majunya pembangunan di daerah. Sehingga harus bersinergi dengan pemerintah daerah dengan tetap kritis dan independen,” tegasnya.

Sementara dalam menjalankan tugas jurnalistiknya, sambung jurnalis senior ini, wartawan harus profesional, harus bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat dan berimbang serta tidak beritikad buruk dalam melakukan tugasnya. Lain itu, terus mematuhi kode etik jurnalistik.

“Ingat, wartawan tidak boleh beritikad buruk dalam pemberitaan. Kritis dalam pemberitaan bagus, namun harus bersifat membangun dan demi kepentingan orang banyak. PWI Bengkulu Selatan harus menjadi wadah meningkatkan sumber daya jurnalis di daerah ini menjadi lebih berkompeten, dengan menggelar uji kompetensi wartawan, maupun diklat kewartawanan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Pjs Bupati BS Isnan Fajri, S.Sos, M.Kes sangat mengapresiasi dengan telah dilantiknya pengurus PWI BS. Dia berharap pemerintah daerah bisa bersinergi dengan baik demi terwujudnya pembangunan daerah yang lebih maju lagi.

“Sebesar apapun upaya pemerintah dalam melakukan pembangunan, kalau tidak disampaikan dengan pemberitaan oleh wartawan ke masyarakat, percuma. Makanya sangat penting menjalin sinergi yang baik dengan PWI atau insan pers ini,” ungkapnya.

Menjelang pelaksanaan Pilkada BS 9 Desember mendatang, Isnan juga mengajak para jurnalis untuk bersama mewujudkan Pilkada yang lancar dan aman dengan memberikan pemberitaan yang baik dan tidak menimbulkan provokasi di tengah masyarakat.

“Pilkada tahun ini penuh dengan tantangan, karena berlangsung di tengah pandemi covid-19. Kami sangat berharap juga bantuan para wartawan menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mentaati prokes pencegahan covid. Sehingga tidak muncul klaster baru pada Pilkada nanti,” pungkasnya.

Sementara itu, pengurus PWI BS periode 2020-2023 yang baru dilantik diketuai Suswadi Ali K yang merupakan Pemimpin Redaksi Harian Radar Selatan. Sementara anggotanya terdiri dari sejumlah wartawan dari berbagai media cetak, elektronik, online maupun televisi yang ada di BS. (yip/one)

Susunan Pengurus PWI BS Priode 2020-2023 :

1. Ketua Dewan Kehormatan : Sahri Senadi dengan Wakil Ketua Sopian Ardi

2. Ketua Umum : Suswadi AK, Wakil Ketua : Sopyan Efendi

3. Sekretaris : Andri Irawan, Wakil Sekretaris : Fajrul Tan Tomi

4. Bendahara : Anggi Noverdo, Wakil Bendahara : Rezan

5. Divisi Kerjasama Humas dan Keprofesian:
Koordinator: Wawan Suryadi, Anggota : M. Arif Hidayat, Sandri dan Rio Agustian

6. Divisi Advokasi dan Pembelaan Wartawan :
Koordinator: Apdian Utama, Anggota: Fongky Triolanda Putra dan Sugio Aza Putra

7. Divisi Pengembangan Litbang-Data :
Koordinator: Asrianto, Anggota: Muktar Ilyas, Fahmi Akbar dan Ahmad Sendy Kurniawan Putra