Warga Pasar Pino Goro Buat Sumur

0
19

PINO RAYA – Warga Desa Pasar Pino Kecamatan Pino Raya, kemarin (6/11), menggelar gotong royong (goro) membangun empat buah sumur untuk mengantisipasi krisis air bersih yang dialami warga di musim kemarau panjang ini.

Kades Pasar Pino Sulman Riat mengatakan, empat buah sumur tersebut dibangun di kawasan tebat ninik di Dusun Padang Lakaran desa setempat, yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari desa tersebut. Sementara Pemdes Pasar Pino menyediakan 2 buah tedmon kapasitas 5000 liter dan juga satu unit mesin jet Pam melalui Dana Desa (DD).

“Kita bangun sumur dengan ukuran 4 meter dalam dan 3 meter lebar. Bersyukur, airnya banyak. Pada saat kami tes dengan mengisi 1 buah tedmon alhasil sumurnya tidak kering,” ujar Kades kepada Rasel kemarin (6/11).

Diharapkan dengan pembangunan sumur tersebut dapat mengatasi krisis air bersih warganya. Pihaknya juga memperbolehkan warga desa lain untuk mengambil air di sumur yang mereka buat itu. “Terutama untuk warga Desa Pasar Pino. Dan boleh bagi warga lain yang mau mengambil air kami persilahkan. Tedmonnya kami stand by kan di lokasi beserta mesin jet pam,” kata Sulman.

Pihaknya juga tidak memungut biaya retribusi terhadap warga yang membutuhkan air. Hanya saja, untuk keperluan bahan bakar minyak (BBM) mesin jet pam pihaknya kembalikan ke masyarakat. “Silahkan ambil airnya dan itu gratis. Akan tetapi untuk pemeliharaan fasilitas yang kita buat, diharapkan agar masyarakat sama-sama menjaga,” ungkapnya.

Usai pembangunan 4 buah sumur tersebut, warga berbondong-bondong mengambil air menggunakan jerigen serta tong besar. Ada juga yang mandi dan mencuci. “Mudah-mudahan masyarakat terbantu. Walaupun lokasinya lumayan jauh, tapi airnya bersih,” demikian Sulman. (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here