Warga Diminta Kembalikan Tanah HGU

0
32
ilustrasi

TAIS – Masyarakat Desa Jenggalu Kecamatan Sukaraja, diminta tegas untuk mengembalikan tanah eks HGU yang masih mereka kuasai. Karena tanah HGU harus dikembalikan ke negara setelah izinnya berakhir.

Diketahui, masyarakat telah menguasai lahan tersebut, dengan bukti kepemilikan 29 sertifikat hak milik (SHM) serta 2 surat keterangan tanah (SKT). Bahkan, bukti kepemilikan tersebut diterbitkan sendiri oleh Kantor Agraria Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Seluma.

Penjabat Sekda Seluma, Supratman, MM, mengatakan Pemkab Seluma sudah menyurati warga dan meminta agar tanah jangan digarap kembali, serta harus ditinggalkan. Tidak dibolehkan lagi ada aktivitas apapun.

“Jadi Pemkab Seluma meminta agar masyarakat meninggalkan lahan eks HGU untuk tidak digarap lagi. Karena jangan sampai ada aktivitas di tanah negara. Atas lahan eks HGU yang sebelumnya dikuasakan oleh H Sahabudin, namun saat ini izinnya sudah berakhir,” tegas Supratman.

Penjabat Sekda meminta warga yang masih menguasai lahan untuk segera meninggalkan lahan. Agar tidak memembuat permasalahan semakin rumit. Pihaknya juga akan melakukan berbagai langkah agar lahan negara tidak dikuasai untuk kepentingan pribadi.

“Kami minta warga yang masih menguasai lahan untuk segera meninnggalkannya. Karena sudah jelas, lahan tersebut milik negara, bukan milik pribadi,” tegas Supratman.

Adapun lahan HGU di Desa Jenggalu awalnya digunakan Sahabudin. Namun pada 2018, masa penggunaan lahan (HGU) telah berakhir. Itu terungkap setelah DPRD bersama Pemkab Seluma melakukan sidak ke lokasi lahan, beberapa waktu lalu. (rwf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here