Tinggal Dua Bulan, 2 Raperda Ditarget Selesai

0
499
Ketua Baleg DPRD BS, Dodi Martian S.Hut, MM

KOTA MANNA – Meski tahun anggaran 2017 hanya menyisahkan kurang dari 2 bulan, DPRD BS tetap optimis dapat menyelesaikan pembahasan dua dari empat raperda inisiatif yang diusulkan dalam Promperda, untuk disahkan menjadi Perda. Yakni Raperda tentang Pengelolaan Kolam Air Deras dan Raperda tentang Kontribusi Perusahaan atau CSR.
“Dua raperda inisiatif itu ditargetkan selesai pembahasannya dalam tahun ini dan disahkan menjadi Perda,” tegas Ketua Baleg DPRD BS, Dodi Martian S.Hut, MM.
Dodi mengaku pembahasan dua raperda inisiatif tersebut terus berjalan. Draf raperda juga sudah disiapkan dan siap untuk penyampaian nota pengantar.
“Karena dua raperda ini inisiatif lembaga. Maka kami yang menyampaikan nota ke eksekutif. Tapi kalau usulan eksekutif, eksekutif yang menyampaikan ke DPRD. Prosesnya sistem terbalik,” jelas Dodi.
Raperda Kolam Air Deras dan Raperda CSR Perusahaan menjadi prioritas karena dianggap dibutuhkan. Banyaknya persoalan kolam air deras menimbulkan konflik antara petani dan pemilik kolam. Sementara konstribusi perusahaan swasta ke daerah masih sangat minim karena belum adanya dasar hukum yang bisa dijadikan pedoman memaksimalkan sumbangan.
“Di waktu yang tersisa. Kami akan memaksimalkan proses pembahasan, mudah-mudahan bisa selesai,” tutup Dodi. (yoh)