Tim Pastikan WAS Terus Berbenah

0
150
TINJAU: Asisten I Setkab BS, Yunizar Hasan, bersama tim memantau perkembangan objek Wisata Alam Sekunyit yang sempat dipolemikkan banyak pihak

KOTA MANNA – Tim pemantau pembangunan objek Wisata Alam Sekunyit (WAS) yang terdiri dari berbagai unsur. Mulai dari Pemkab BS, Dispar, DPM-PTSP, Kemenag BS, FKUB BS, dan unsure terkait lainnya, Selasa (19/1), turun ke lapangan guna memastikan perkembangan proses pembangunan dan renovasi WAS yang banyak dikeluhkan masyarakat.

Terutama terkait berbagai ornamen bangunan yang menjadi dinilai tidak mencerminkan kultur dan budaya daerah. Tim juga memastikan kesiapan proses perizinan usaha yang sampai kini juga belum ada. Sehingga tim akan terus mendorong agar segera diajukan pengelola.

“Kedatangan tim di sini untuk memastikan semua rekomendasi maupun keluhan yang selama ini menjadi polemik, agar kedepan dapat terus berbenah. Termasuk perizinan, tim mendorong pemilik segera mengurus perizinan minimal perizinan usaha sementara. Karena untuk perizinan butuh berbagai kajian dan masih menunggu regulasi hukumnya,” ujar Asisten I Setkab BS, Yunziar Hasan.

Ditambahkan, Kepala Dispar BS, Drs. H. Yulian Fauzi, MAP, mengatakan sebagai bentuk tindak lanjut polemik yang terjadi di WAS, Pemkab BS awal Januari lalu membentuk tim khusus. Berdasarkan pantauan sementara dan hasil rapat tim, sebagian ornamen baik gambar maupun patung yang dipersoalkan, sudah diperbaiki. “Termasuk penataan simbol-simbol adat budaya Bengkulu Selatan, sedang ditata agar kedepan semakin bagus,” ujar Yulian.

Ditambahkan Yulian, kedepan tim akan terus memantau perkembangan pembangunan objek wisata tersebut secara bersama-sama. “Kedepan tim akan terus bersama-sama memantau perkembangan pembangunan agar tidak ada persoalan lagi,” pungkas Yulian. (one)