Tambak Disegel, Pemilik Ditahan

0
28

BINTUHAN – Penyidik Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipither) Polres Kaur, menyegel tambak udang di Desa Pada Suka Kecamatan Maje. Penyegelan setelah memastikan tambak tersebut tidak melengkapi dokumen perizinan meski sudah lama beroperasi.

Bahkan Penyidik sudah menetapkan pemilik tambak udang, Ade Irawan (37), warga Kota Bengkulu, sebagai tersangka dalam kasus ini. Kemarin (6/11), beberapa barang bukti juga disita dari tambak udang. Yakni 1 karung pakan udang, 1 bungkus vitamin untuk udang, 2 unit generator, 2 unit mesin pompa air, 2 unit mesin sedot air untuk menyedot dari laut ke kolam tadon, 1 unit kincir air dan 38 ekor udang tambak.

“Kita lakukan penyitaan karena diduga melakukan tindak pidana terkait perizinan. Usaha perikanan di bidang pembudidayaan, pengangkutan, pengolahan dan pemasaran ikan ini tidak memiliki SIUP,” tegas Kapolres Kaur, AKBP Arief Hidayat SIK, disampaikan Kasat Reskrim, Iptu Ahmad Khairuman SE, M.Si.

Disampaikan Kasat Reskrim, tambak udang milik tersangka diduga melanggar Pasal 92 Jo pasal 26 ayat (1) UU RI Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perikanan. Sebagaimana diubah dengan UU RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas UU RI No 31 TAHUN 2004 tentang Perikanan. Penyidikan sesuai laporan polisi Nomor: LP/491-A/X/2019/BKL/RES KAUR, tertanggal 2 Oktober 2019.

Kemarin (6/11), polisi juga memanggil pemilik tambak untuk dimintai keterangan. “Pemilik tambak sudah ditetapkan tersangka dan sudah dilakukan penahanan,” beber Kasat Reskrim yang dihubungi Rasel pukul 18.00 WIB, kemarin.

Hingga kemarin, diketahui tambak tersebut belum mengantongi Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) dalam budidaya kolam udang. Setiap kolam memiliki luas 2.700 meter kubik hingga 4.800 meter kubik. Sementara jenis udang yang dibudidayakan yaitu jenis udang Vaname.
Pemilik tambak mengakui jika benih udang didapat dengan cara membeli dari Provinsi Lampung. Ade juga mengaku sudah melakukan 3 kali pemanenan udang tambak. Adapun perizinan hanya berupa rekomendasi dari Bappeda-Litbang Kaur. (jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here