Tak Diusulkan, Tapi Masih Butuh 400 Guru PNS

0
76
Para dewan guru SMAN 2 BS

KOTA MANNA – Meski BKPSDM BS tidak mengusulkan perekrutan tenaga guru, kenyataannya Plt Kepala Dinas Dikbud BS, Rispin Junaidi, MPd, mengaku jumlah tenaga pendidik di BS yang berstatus PNS, masih sangat kurang. Meski mendapat tambahan puluhan guru dari perekrutan PNS 2018, jumlahnya tidak sebanding dengan kebutuhan guru yang ada.

Dia menyayangkan jika dalam usulan perekrutan CPNS 2019, tidak ada kuota CPNS untuk guru. Sebab setiap tahunnya, puluhan PNS guru di BS memasuki masa pensiun. Bahkan, data Dinas Dikbud BS, kekurangna tenaga guru mencapai 400 orang untuk jenjang TK, SD dan SMP.

“Tahun ini saja yang memasuki masa pensiun ada 89 orang. Tambahan guru kemarin belum menutupi jumlah guru yang pensiun pada 2018 lalu,” ungkap Rispin.

Baca Juga : Pemkab BS Tak Usulkan Kuota CPNS untuk Guru

Sementara itu, tenaga guru yang paling banyak dibutuhkan adalah guru kelas jenjang SD, dan guru mata pelajaran. “Guru SD banyak diimpor dari Jawa dan sebagainya dulu, nah kini mereka ini sudah banyak yang pensiun. Jadi kalau dibilang cukup, tentu tidak. Masih banyak kekurangan guru daerah kita ini,” ungkap Rispin.

Maka dari itu, pihaknya berharap agar BKPSDM BS dapat mengupayakan kembali agar kuota CPNS untuk guru bisa diadakan pada tahun ini. Sebab merekrut tenaga honorer saja saat ini sudah dibatasi. Sebab gaji yang diambil dari dana BOS hanya diperbolehkan sebesar 15 persen saja. (yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here