Sudah 8.839 Siswa Cairkan PIP

0
76

KOTA MANNA – Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS, Sarjono, S.Pd mengatakan bahwa sebanyak 8.839 siswa di BS yang terdiri dari satuan pendidikan dasar (SD/SMP), telah menerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Rinciannya yaitu untuk siswa SD pada tahap satu ada sebanyak 1283 penerima, tahap dua sebanyak tujuh penerima serta tahap tiga sebanyak 4395 penerima. Sedangkan untuk siswa SMP, pada tahap satu ada sebanyak 963 penerima, tahap dua ada delapan penerima, tahap tiga ada 32 penerima serta pada tahap empat ada 2151 penerima.

“Untuk siswa SMP memang sudah sampai kepada tahap ke empat pencairan beasiswa PIP tersebut. Karena ada pada satu peroide yang serempak cairnya yaitu tahap dua dan tiga,” ungkapnya.

Sedangkan untuk besaran biaya yang diterima yaitu siswa kelas 1-5 SD sebesar Rp450 ribu, siswa kelas enam SD Rp225 ribu, siswa kelas VII-VIII SMP sebesar Rp750 ribu, sedangkan siswa kelas IX SMP sebesar Rp375 ribu. “Proses pencairannya langsung masuk ke rekening masing-masing siswa. Sehingga tanpa melalui perantara sekolah lagi,” sambungnya.

Tujuan dari pemberian beasiswa tersebut yaitu untuk mendukung proses pendidikan dan fasilitas pembelajaran bagi siswa terutama yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Melalui bantuan tersebut, pihaknya berharap agar uang yang diberikan pemerintah dapat direalisasikan kepada kebutuhan pokok siswa. Misalnya untuk pembelian buku, tas ataupun sepatu dan barang lainnya yang sangat penting bagi pendidikan anak.

“Kami tidak membenarkan jika beasiswa tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan diluar konsep untuk mendukung pendidikan. Sebab, bantuan itu murni demi mendukung fasilitas belajar siswa,” imbaunya.

Sedangkan untuk tatacara mendapatkan bantuan PIP sendiri, salah satunya siswa harus memiliki kartu indonesia pintar (KIP) melalui dinas sosial. Setelah mendapatkan bantuan tersebut, pada saat jadwal pengajuan. Siswa yang belum menerima beasiswa dapat langsung mengajukan ke pihak sekolah.

“Untuk data penerima beasiswa tersebut, memang tidak serta merta tetap. Tentu ada perubahan setiap tahunnya,” pungkasnya. (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here