Siswa BS Juara Congkak Nasional

0
48

KOTA MANNA – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh peserta didik asal BS, yakni Adelia Meiliani Putri. siswi kelas IX A SMPN 15 BS tersebut berhasil meraih juara pertama lomba congkak virtual tingkat nasional, yang diselenggarakan pada event Pekan Kebudayaan Nasioal (PKN) tahun 2020 sejak 1 November lalu. Adelia berhasil unggul sebanyak 21 poin dari Aisyah yang merupakan siswi asal Provinsi Riau.

“Alhamdulillah, setelah melewati babak penyisihan melawan 33 peserta didik dari seluruh provinsi di Indonesia. Siswi BS berhasil memenangkan lomba virtual tersebut,” ujar Koordinator Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (KPOTI) BS, Syahrizal Alwi, S.Kom.

Dikatakan Syahrizal, sengaja digelar virtual karena saat ini masih dalam wabah pandemi covid-19. Sehingga tidak memungkinkan untuk bertanding secara langsung di Jakarta. “Baru kali ini kegiatan PKN digelar secara virtual, karena memang mewaspadai penyebaran covid-19,” ungkapnya.

Dengan raihan prestasi tersebut, ia berharap siswa dan remaja di BS semakin giat untuk melestarikan permainan tradisional. Sehingga, kedepannya permainan tersebut tetap lestari dan tidak luntur digerus kemajuan zaman.

“Sebenarnya ada banyak cabang lomba yang digelar, mulai dari egrang, bakiak, balik balok dan papancakan,” pungkasnya. (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here