Sepakat Tolak Permendagri Nomor 09

0
185
TOLAK: Kades tujuh desa di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) menolak bergabung ke BS dengan menyampaikan penolakan pada rapat di Pemkab Seluma. (FAUZAN/Rasel)

SELUMA – Kades di tujuh desa di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM), sepakat menolak Permendagri Nomor 09 Tahun 2020 tentang batas koordinat Kabupaten Seluma-Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Penolakan dilakukan dengan mendatangi Pemkab Seluma dan menggelar hearing yang diikuti Asisten III, Marhakidinata, M.Pd dan Staf Ahli Bupati, Drs. H Rusyikin.

Ketujuh Kades didampingi salah seorang anggota Presidium Persiapan Kabupaten Seluma (PPKS), Bustan A. Dali. “Kami tetap menolak dan tidak ingin sejengkal pun kawasan Seluma masuk Bengkulu Selatan. Pernyataan penolakan ini akan kami sampaikan ke Kemendagri,” tegas Bustan Dali, Senin (10/8)

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negari (Permendagri) Nomor 9 Tahun 2020 tentang tapal batas Seluma-BS, sekitar 1.400 hektar wilayah Seluma di Kecamatan SAM dan Semidang Alas, masuk ke wilayah BS. Yakni Desa Muara Maras kehilangan 118,62 Hektar, Desa Serian Bandung, 211,79 Hektar.

Lalu Desa Talang Alai kehilangan 141,68 hektar wilayahnya, Desa Talang Kemang 291,20 Hektar Selanjutnya Desa Jembatan Akar 346,54 Hektar dan Desa Gunung Kembang 46,324 M2 serta satu desa di Kecamatan Semidang Alas yakni Desa Suban harus kehilangan 689, 65 Hektar.

“Seharusnya tapal batas Seluma di wilayah selatan adalah Desa Talang Alai dan Desa Selali Kecamatan Pino Raya. Selain itu, budaya serta bahasa jelas sudah berbeda antara Seluma dan BS,” tegasnya.

Terpisah, Waka II DPRD Seluma, Ulil Umidi, SSos, MSi, mengatakan hasil koordinasi ke Kemendagri, sebelumnya Kemendagri pernah menyampaikan surat ke Pemkab Seluma yang berisi rancangan tabat Seluma-BS.

Namun Pemkab Seluma mengabaikan surat tersebut sehingga Mendagri menerbitkan Permendagri Nomor 9 Tahun 2020. “Kami masih tetap meminta agar Permendagri itu direvisi. Kemudian disesuaikan dengan Undang-undang pembentukan Seluma dan Bengkulu Selatan dalam penetapan koordinat tapal batas,” tuntas Ulil. (rwf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here