Ribuan PNS Terlambat Gajian

0
147

KOTA MANNA – Sama seperti daerah lainnya, ribuan PNS di lingkungan Pemkab BS hingga Selasa (5/1), belum menerima pembayaran gaji bulan Januari 2021. Keterlambatan pembayaran ini lantaran ada perubahan sistem atau program baru yang diterapkan pemerintah terkait pola pembayaran gaji pegawai.

Biasanya, awal bulan PNS sudah menikmati gaji, namun karena ada perubahan pola pembayaran gaji PNS menggunakan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) dan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dari Kemendagri. Hanya saja, untuk sebagian OPD sudah diupayakan tetap diproses penyaluranya dengan cara pembayaran manual secepatnya yang sudah mulai diproses Selasa (5/1).

“Sebagian sudah mulai proses pembayaran gaji tetap dengan cara manual dulu untuk bulan Januari bahkan sebagian OPD sudah proses bayar, rencananya bulan depan baru mulai diterapkan sistem baru, karena masih dipersiapkan,” ujar Kepala BPKAD BS Lismanto Bayu SE.

Dikatakan Bayu, karena program pemerintah mengharuskan pembayaran gaji pegawai dengan program baru SIKD dan SIPD, maka perlu penyesuaian dengan bank penyalur dan juga penyesuaian dengan sistem antara pemerintah pusat dan daerah, sementara persiapan baru dilakukan menjelang akhir tahun makanya ada keterlambatan proses pembayaran, untuk BS sudah diatasi dengan cara manual dulu.

“Keterlambatan ini terjadi hampir diseluruh daerah, dan karena ini program baru maka perlu dilakukan singkronisasi program dulu, tetapi kami tetap berupaya secepatnya gaji pegawai di BS dibayar tentu dengan cara manual dulu agar mereka segera menikmati hak,” pungkas Bayu.(one)