Rekor Lagi, Bertambah 141 Kasus Positif

0
172
ilustrasi

PROVINSI Bengkulu kembali memecahkan rekor tertinggi penambahan kasus Covid-19. Minggu (29/11), tercatat penambahan 71 kasus Covid-19. Penambahan angka Covid-19 juga terjadi di hari Sabtu (28/11), dengan 43 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, mengatakan dalam dua hari terakhir, tercatat 141 kasus. “Hari ini (kemarin) tambahan kasus tertinggi dalam satu hari di Bengkulu,” ujar Herwan.

Ia mengatakan, pasien sebagian besar memiliki keluhan batuk, sesak napas, hilang indera penciuman dan sakit kepala. Namun ada juga pasien yang tidak memiliki gejala. Tambahan kasus terbanyak di Kota Bengkulu dengan 63 pasien baru.

“Penambahan kasus ini dari hasil kontak tracking kepada keluarga dan orang terdekat pasien positif,” ujar Herwan. Dia mengaku Dinas Kesehatan akan terus memperbanyak pemeriksaan swab kepada pasien yang rentan terpapar. Seperti keluarga dekat pasien dan tenaga kesehatan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 yang lebih banyak lagi. “Dengan pemeriksaan swab, maka mudah terpantau dan pencegahan juga dengan mudah bisa dilakukan,” klaim Herwan.

Pihaknya meminta masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan penanganan covid-19, dengan mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Cara ini dinilai paling efektif mencegah penularan covid-9.

“Kesadaran masyarakat terhadap prokes memang masih rendah. Untuk itu kita harapkan tidak lagi abai,” demikian Herwan. (cia)