Puluhan ODGJ Diajari Beternak

0
15
DIBINA: Kolam terpal ikan untuk pembinaan ODGJ di wilayah Kecamatan Manna

KOTA MANNA – Setelah mendapat penanganan di RSJKO maupun Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Dharma Guna Bengkulu. Sebanyak 25 orang penyandang disabilitas mental atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Bengkulu Selatan juga mendapat pembinaan.

Mereka dengan diajari ketrampilan produktif, yakni beternak. Penyandang disabilitas mental yang ada di Kecamatan Manna diajari beternak ikan, sementara mereka yang ada di Kecamatan Pasar Manna diajari beternak ayam. “Bantuan saranannya seperti benih, kolamnya, pakan dan lainnya dari BRSPDM. Termasuk juga tutor yang akan mendampingi penyandang disabilitas mental ini selama pembinaan,” ungkap Plt Kepala Dinas Sosial BS, Didi Ruslan, M.Si.

Sebelumnya, Dinsos BS melaunching komunitas penyandang disabilitas mental sebagai wadah mereka untuk saling berinteraksi tidak hanya antar pasien atau penyandang disabilitas mental saja, namun juga antar keluarga mereka. Dengan adanya komunitas dan pembinaan ini, diharapkan ODGJ yang ada bisa berinteraksi dan kondisi kejiwaannya lebih stabil.

“Intinya meminimalisir mereka agar tidak kambuh lagi. Antar keluarga mereka juga dilibatkan biar saling interaksi saling tukar pendapat dalam penanganan keluarga mereka yang meyandang disabilitas mental,” pungkasnya. (yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here