Pilkades Tetap Patuhi Prokes Covid-19

0
18

KOTA MANNA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) BS sudah merancang kebutuhan alokasi anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 mendatang. Saat ini kebutuhan anggaran yang dibutuhkan sudah diajukan ke TAPD dengan kisaran Rp 10 juta perdesa.

Hanya saja kebutuhan itu belum mengacu pelaksanaan Pilkades dimasa pendemi Covid-19 yang mewajibkan mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Karena itu, DPMD mengingatkan Pemdes agar dapat mempersiapkan sejak dini pelaksanaan Pilkades dengan wajib menerapkan standar prokes Covid-19, yakni mewajibkan pakai masker, menyiapkan fasilitas cuci tangan dan menjaga jarak.

“Bukan hanya Pilkada, Pilkades juga harus mengacu protokol kesehatan jika tetap akan dilaksanakan tahun depan dimasa pandemi, karena itu kebutuhan dana yang diajukan di APBD bisa saja lebih dari itu dibutuhkan. Maka diupayakan ada persetujuan untuk tambahan APBDes untuk perlengkapan prokes dan lainnya,” ujar Kepala DPMD BS, Hamdan Syarbaini S.Sos.

Menurut Hamdan, pihaknya tetap memastikan agar Pilkades tahun depan berjalan dengan lancar. Jika anggaran disetujui maka Pilkades akan dilaksanakan April 2021 mendatang dan tahapan akan dimulai awal tahun.

“Jika anggaran disetujui maka Pilkades akan dilakukan awal tahun, sesuai peruntukanya anggaran Pilkades wajib di tanggung APBD. Soal ada revisi Permendagri mengatur protokol kesehatan untuk Pilkades, tentu hal ini akan dirincikan, khususnya soal anggaran,” pungkasnya.(one)