Pilkades di 127 Desa Digelar 2021

0
18
PROGRAM : Komisi I DPRD BS rapat bersama Dinas PMD BS membahas program usulan di RAPBD 2021, Senin (19/10)

KOTA MANNA – Pemilihan kepala desa (Pilkades) di 127 desa di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) akan dilaksanakan April 2021. Perkiraan waktu tersebut mengacu dengan proses pembelanjaan anggaran dan persiapan persyaratan kelengkapan calon kades.

“Rencana pelaksanaannya sekitar bulan April 2021,” kata Kepala Dinas PMD BS, Hamdan Sarbaini saat ditemui Rasel usai menghadiri rapat bersama Komisi I DPRD BS, Senin (19/10).

Dalam rapat penyampaian usulan program 2021 bersama DPRD, Dinas PMD mengusulkan anggaran kebutuhan pilkades sebesar Rp10 juta per desa atau total Rp1,2 miliar lebih. Ia berharap usulan tersebut dapat diakomodir sesuai usulan, sehingga pilkades dapat dilaksanakan. “Anggaran pilkades harus sesuai kebutuhan. Soalnya kalau kurang, bisa saja pilkades tertunda lagi,” ujar Hamdan.

Menanggapi usulan Dinas PMD mengenai anggaran kebutuhan untuk pilkades, Ketua Komisi I DPRD BS, Drs. Yurdan Nil menyampaikan pihaknya mendukung hal tersebut. Pilkades merupakan kegiatan prioritas karena banyak jabatan kades yang sudah berakhir dan akan segera berakhir. “Kami mendukung anggaran untuk pilkades, soalnya itu sudah sangat penting,” ujar Yurdan Nil.

Sebelumnya, pilkades serentak akan dilaksanakan tahun ini. Anggarannya telah diakomodir di APBD. Tapi rencana tersebut batal karena adanya bencana non alam Covid-19. Akibatnya, anggaran pilkades pun dialihkan guna penanganan pencegahan virus Corona. (yoh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here