Pers Diingatkan Sajikan Produk Jurnalistik Berkualitas

0
723
ICA/Rasel SEMINAR: KPK menggelar seminar jurnalistik dengan mendatangkan narasumber dari Dewan Pers, kemarin (24/10)

BENGKULU – Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi, mengingatkan pelaku pers menyajikan produk jurnalistik berkualitas. Bukan produk yang hanya mengejar keuntungan semata.
Hal ini disampaikan Imam saat menjadi pembicara seminar yang diprakarsia Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertemakan “Jurnalis, Antara Tugas, Kebutuhan dan Idealisme.”
“Pers harus memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, bukan sebaliknya. Masyarakat malah mendapatkan hal yang tidak benar dari membaca media,” ujar Imam menyampaikan materinya, Selasa (24/10).
Dicontohkannya, menjelang pilpres lalu ada salah satu akun twitter seorang tokoh yang viral di media sosial karena cuitannya yang dianggap nyeleneh. Kemudian diberitakan oleh media-media besar tanpa konfirmasi kebenarannya kepada pemilik akun. Belakangan diketahui si tokoh tersebut ternyata tidak pernah merasa membuat akun twitter tersebut.
Imam mengatakan banyak wartawan yang hanya mengambil sumber berita dari tokoh terkenal di media sosial. Namun tidak melihat latar belakang pendidikan dan kemampuannya. Hal itu membuat banyak bermunculan pengamat politik, pengamat hukum dan lainnya tanpa keahlian yang benar-benar sepadan.
“Media memang tidak bisa dikriminalisasi oleh hukum jika yang disajikan itu benar adanya. Namun sebaliknya, kalau salah bisa saja bersentuhan dengan hukum,” pesannya.
Dalam seminar, Imam juga mengingatkan agar pers tetap berpegang pada prinsip jurnalistik yang berintegritas, berkompetisi menyajikan berita dan fakta yang akurat sebagai alat kontrol negara. “Tetap berinovasi agar tidak tergerus kemajuan industri digitalisasi yang semakin canggih,” tutupnya. (cia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here