Perbup Tuntas, Tahapan Pilkades Segera Dimulai

0
397
ilustrasi

KOTA MANNA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) BS memastikan akhir bulan ini, Peraturan Bupati (Perbup) terkait juklak dan juknis Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021, dapat tuntas. Selanjutnya DPMS BS akan menyurati BPD di 127 desa untuk segera membentuk panitia pemilihan Pilkades guna memulai tahapan.

Setelah panitia terbentuk, DPMD BS akan mengundang seluruh panitia untuk membahas tahapan serta jadwal Pilkades serentak. “Kini Perbup masih dalam pembahasamn perubahan tim, ditargetkan Perbup selesai akhir bulan ini. Jadi tahapan akan dimulai, pengumuman pendaftaran bakal calon, pemberkasan, pemutakhiran data pemilih dan masih banyak tahapan lainnya yang harus dilalui,” ujar Kepala DPMD BS, Hamdan Syarbaini, S.Sos.

Disampaikan Hamdan, Pilkades serentak akan dilaksanakan pada April mendatang. Namun tanggal pasti hari pencoblosan, masih perlu dibahas bersama panitai Pilkades nantinya.

Dalam ketentuan Perbup, sesuai perubahan Permendagri Nomor 72 mengenai tata cara pelaksanaan Pilkades di masa pandemi Covid-19, wajib mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, serta panitia Pilkades harus melibatkan Satgas Desa guna penegakan prokes di setiap tahapan Pilkades nantinya. Serta pengaturan terkait pengalokasian anggaran selain APBD BS, juga dibolehkan untuk penganggaran biaya melalui APBDes, akan tetapi hanya untuk biaya konsumsi panitia.

“Ada beberapa perubahan dalam draf Perbup yang masih dibahas. Selain persyaratan Pilkades, tata cara pelaksanaan tidak begitu mengalami perubahan. Namun yang terbaru wajib melibatkan Satgas Desa untuk penegakan prokes dan pengalokasian pembiayaan yang dibolehkan dengan APBDes. Dengan Perbup ini nanti akan menjadi dasar payung hukum panitia dalam melaksanakan Pilkades,” pungkas Hamdan. (one)