Penyaluran BLT Kelurahan Tertunda Lagi

0
9
SERAHKAN: Sekkab BS, Yudi Satria, menyerahkan BLT Pemkab BS kepada warga Kelurahan Gunung Mesir Kecamatan Pasar Manna (Wawan/Rasel)

KOTA MANNA – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) khusus warga kelurahan yang bersumber dari APBD BS, kembali terhambat. BLT yang yang disalurkan langsung ke buku rekening para Keluarga Penerima Manfaat (KPM), untuk Oktober, belum disalurkan.

Seharusnya, setelah disalurkan langsung dua bulan untuk periode Juli-Agustus, dan dijanjikan selanjutnya akan disalurkan perbulan. Memasuki Okteber 2020, belum juga disalurkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) selaku OPD teknis.

Plt Kepala Dinsos BS, Didi Ruslan, M.Si, mengakui bahwa ada keterlambatan penyaluran sisa BLT kelurahan untuk Oktober. Dia mengaku hal itu lantaran menunggu tindak lanjut audit BPKP.

Pihaknya juga masih melakukan perbaikan permasalaan data ganda, perbaikan data penerima yang sudah meninggal dunia tahap I dan II. Karena itu, Dinsos BS harus melakukan verifikasi atau pendataan ulang.

“Dibilang terlambat, mungkin terlambat. Tapi penyebabnya karena untuk kehati-hatian agar tepat sasaran. Supaya tidak ada penerima BLT yang tumpang tindih,” tegas Didi.

Ditambahkan Didi, penyaluran BLT kelurahan menyisakan empat bulan dengan total Rp 1,2 juta per penerima. Dia meminta para penerima tetap bersabar. “Kita pastikan sebelum 31 Desember, semua sisa BLT kelurahan segera dicairkan dan bisa dinikmati oleh warga terdampak Covid-19,” janji Didi.

Sementara itu, Jumadi (28), warga jalan Pangeran Duayu Kecamatan Pasar Manna, sangat mengharapkan sisa BLT kelurahan yang dijanjikan Pemkab BS segera dibayarkan. Terlebih Bupati sempat berjanji sisanya bisa dicairkan per bulan sebesar Rp 300 ribu. Namun kenyataannya belum juga disalurkan.

“Saya sangat berharap sisa BLT kelurahan yang belum dibayar disalurkan serentak. Jadi asas manfaatnya dapat kelihatan,” ujar Jumadi. (one)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here