Penularan Covid-19 Bertambah Tujuh Kasus: Satu Kasus di Seluma

0
13
ilustrasi virus corona
Ilustrasi

BENGKULU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, mengumumkan tambahan 7 kasus positif Covid-19, Kamis (15/10). Tambahan kasus, 2 dari Kota Bengkulu, 2 kasus dari Rejang Lebong, 2 kasus dari Bengkulu Tengah dan 1 kasus dari Seluma.

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, mengatakan 1 tambahan kasus di Seluma, yakni perempuan berumur 61 tahun, memiliki keluhan lemah dan mual. Hingga kemarin, Herwan mengaku belum menemukan riwayat kontak. Pasien menjalani perawatan di RSM Yunus.

“Dengan tambahan kasus ini, total terdapat 832 kasus positif Covid di Bengkulu,” beber Herwan. Ia mengatakan penambahan kasus covid-19 di Provinsi Bengkulu bukan berarti buruknya penanganan. Melainkan makin banyaknya kontak tracking kepada masyarakat yang rentan terpapar.

Sebelumnya, pemeriksaan swab baru mencapai 7000 sampel. Namun hingga kemarin, sudah sebanyak 8500 sampel. Sesuai target, pemerintah akan mengoptimalkan pemeriksaan swab sebanyak 0,35 persen dari jumlah penduduk Provinsi Bengkulu. “Seperti yang di Mukomuko, sekarang sudah ada 300 sampel yang diperiksa, begitu juga daerah lain,” beber Herwan.

Selain itu, Herwan menyebut penambahan kasus covid-19 juga disebabkan aktivitas masyarakat yang sudah berjalan secara normal. Seperti aktivitas perkantoran, pusat perbelanjaan dan lainnya. Padahal, kerumuman masyarakat dapat memicu penularan Covid-19.

Meskipun demikian, yang cukup menggembirakan adalah angka kesembuhan pasien mencapai 74 persen dari total kasus positif. Lebih rendah 1 persen dari rata-rata tingkat nasional yang mencapai 75 persen. “Artinya tingkat kesembuhan pasien di Bengkulu sudah sangat baik. Ini yang harus ditingkatkan,” demikian Herwan. (cia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here