Penghijauan, Solusi Jangka Panjang

0
2
DAFTAR: Bapaslon HD saat usai mendaftar ke KPU BS diantar ribuan massa pendukungnya.

KOTA MANNA – Pasangan calon (paslon) Bupati-Wabup BS, Hartawan-Darmin (HD), turut prihatin atas bencana alam yang sering terjadi. Tanah longsor dan banjir di beberapa wilayah seakan telah menjadi langganan setiap musim hujan.

Untuk mencegah agar bencana serupa tidak terus terjadi. HD telah menyiapkan program jangka panjang.

Cabup BS, Hartawan, mengatakan bencana banjir yang merendam rumah warga di beberapa desa, rerata disebabkan luapan sungai. Debit air sungai yang besar datang dari hulu karena resapan air mulai menipis. Penyebabnya karena perusakan hutan.

“Kita tahu hutan sudah banyak rusak. Itu jelas saja membuat resapan air berkurang. Makanya setiap hujan, debit air sungai besar hingga meluap ke pemukiman. Soalnya di hulu tidak ada resapan lagi, debit air tidak terkendali,” kata Hartawan.

Jika nanti diberi amanah masyarakat memimpin pemerintahan BS, Hartawan mengatakan akan membuat program pembenahan hutan di kawasan hulu sungai. Misalnya di wilayah Kecamatan Pino Raya, Ulu Manna, Seginim, Air Nipis dan Kedurang.

“Dulu kan pernah ada program penghijauan. Misalnya menanam pohon Sungkai yang bagus untuk resapan air, tapi sekarang program itu tidak dijalankan lagi. Kalau nanti kami diberi amanah, program itu akan dibuat lagi. Kami akan benahi hutan yang sudah rusak. Tapi itu tentunya butuh proses dan waktu jangka panjang untuk melihat hasilnya,” ujar Hartawan.

Sementara penanganan bencana alam yang terjadi, Hartawan menegaskan akan melakukan respon cepat. Misalnya bencana longsor yang menutup akses jalan, OPD terkait cepat dikerahkan untuk melakukan tindakan. Salah satunya dengan menyiagakan alat berat di lokasi rawan longsor.

Begitu juga tanggapan terhadap masyarakat yang menjadi korban banjir atau bencana lainnya, akan dilakukan respon cepat. “Kalau penanganan bencana yang terjadi, tentu akan cepat direspon. Itu namanya musibah bagi masyarakat, pemerintah tentunya harus hadir dan memberi solusi,” tutup Hartawan. (yoh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here