Pencairan TPG dan Tamsil Guru di BS Tertunda

0
88
Sejumlah Guru dan Kepsek di Bengkulu Selatan dalam suatu acara beberapa waktu lalu ( Foto/Doc Radar Selatan)

KOTA MANNA – Berdasarkan catatan di bidang pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS. Hingga Jum’at (16/10), masih ada 34 guru dan 27 pengawas yang belum memverifikasi data terkait pencairan dana tunjangan profesi guru (TPG) serta dana tambahan penghasilan (Tamsil) triwulan III tahun 2020. Akibatnya, proses pencairan TPG dan Tamsil yang dijadwalkan bulan Oktober, tertunda hingga November mendatang.

“Ya masih ada puluhan data guru dan pengawas yang belum memverifikasi untuk melengkapi proses pencairan dana TPG. Padahal untuk mencairkan TPG itu, keseluruhan data guru yang mencapai 1200 orang harus lengkap semua. Jika masih ada yang belum verifikasi maka ditunda dulu,” kata Kasi PTK Dikdas Bidang PTK Disdikbud BS, Ariaty Devi, S.Pd.

Sedangkan anggaran yang diperuntukkan membayar dana tunjangan tersebut, Devi mengaku sudah masuk ke kas daerah BS. “Kalau dananya sudah ada, tinggal proses pencairan lagi. Nanti kalau data guru sudah lengkap akan kami transfer ke masing-masing rekening mereka (guru dan pengawas). Total dananya mencapai Rp15 miliar,” terangnya.

Sementara data guru dan pengawas yang memasuki masa pensiun tahun ini mencapai 80 orang. Sehingga, pada proses pencairan dana TPG nantinya mereka tidak lagi mendapatkan. “Kalau untuk tamsil, besaran tunjangannya Rp250 per guru. Tamsil sendiri merupakan tunjangan non sertifikasi. Dengan jumlah total penerima lebih kurang 400 orang,” paparnya.

Dia berharap, mereka yang belum lengkap datanya agar segera melengkapi. Jangan sampai, karena beberapa orang ratusan guru yang lain terdampak. (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here