Pemprov Usulkan 267 Guru P3K

0
20

BENGKULU – Pemprov Bengkulu mengusulkan 267 guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) kepada KemenPAN-RB untuk formasi CPNS 2020. Usulan ini telah disampaikan BKD Provinsi Bengkulu pada Oktober lalu.

Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK) BKD Provinsi Bengkulu, Rufran, S.Sos, mengatakan usulan itu sesuai dengan yang diajukan dari sekolah melalui cabang dinas (Cabdin) diknas. “Sejauh ini belum ada tambahan usulan guru P3K, masih usulan yang pertama sebanyak 267 orang,” ungkap Rufran, Kamis (26/11).

Disamapikannya, usulan itu menunggu persetujuan dari KemenPANRB, didasari jumlah kebutuhan guru daerah. Provinsi Bengkulu masih kekurangan ribuan tenaga guru baik SD, SMP, maupun tingkat SMA sederajat. “Berapa yang disetujui tergantung pemerintah pusat,” kata Rufran.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat, mengaku pihaknya masih akan menghitung kebutuhan guru. Sesuai intruksi KemenPAN-RB, pemerintah daerah bisa mengajukan usulan guru P3K hingga 31 Desember 2020. “Nanti dihitung dulu berapa kebutuhannya, baru diusulkan,” kata Eri.

Dia mengatakan, selain kekurangan guru yang masih terjadi, banyaknya guru yang memasuki masa pensiun, membuat kebutuhan tenaga pengajar semakin bertambah. “Khususnya guru SMK di daerah terpencil. Data kami, masih sangat kekurangan,” tutur Eri. (cia)