Pembangunan Wajib Perhatikan Aspek Bencana

0
56

BENGKULU – Sekda Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti, meminta pembangunan wajib memperhatikan aspek bencana. Pasalnya sejumlah daerah di Provinsi Bengkulu sangat rawan banjir, tanah longsor serta gempa.

Disampaikan Nopian, bencana banjir beberapa bulan lalu harus menjadi pengalaman agar kejadian serupa tidak terulang. “Seluruh rencana pembangunan nanti akan diaudit. Sehingga diketahui apa saja yang telah dilanggar,” tegas Nopian.

Ditambahkannya, tidak menutup kemungkinan sebelum pembangunan, perencanaan sudah dilakukan, tetapi tetap dilanggar. Ia mencontohkan bencana banjir dan longsor yang menimpa Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu, banyak pemukiman dan perumahan yang terkena dampak banjir dan saat hujan turun, beberapa kawasan juga timbul banyak genangan air.

Hal itu bisa saja proses perencanaannya yang memang sudah salah sebelum pembangunan dilakukan. Untuk itu, Nopian mengharapkan, kejadian sama tidak terulang lagi.
“Apakah lahan atau lokasi tersebut cocok dengan persyaratan tata ruang untuk pemukiman, hal ini juga perlu dilakukan evaluasi. Jangan sampai setelah bencana datang, banyak yang saling salahkan,” tutup Nopian. (cia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here