Pelayanan Puskesmas Kota Dialihkan

0
583
Pelayanan Puskesmas Kota Manna dialihkan ke Puskesmas M Taha

KOTA MANNA – Pelayanan di Puskesmas Kota Manna terpaksa dialihkan ke Puskesmas M. Taha. Ini setelah adanya tenaga kesehatan di puskesmas tersebut berinisial Nr yang meninggal dunia dengan status terkonfirmasi covid-19. Pengalihan pelayanan kesehatan terhitung sejak 21 Januari hingga 4 Februari.

Sebab, sebanyak 109 tenaga kesehatan di Puskesmas Kota Manna diharuskan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. “Untuk sementara ini Puskesmas Kota Manna ditutup untuk pelayanan dialihkan di Puskesmas M Taha, sampai kondisi sudah normal kembali,” ujar Kepala Dinkes BS Siswanto M.Si melalui Kabid Pelayanan dan SDK Harmani S.ST M.Kes.

Dikatakan Harmani, langkah ini dilakukan guna meminimalisir serta upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 klaster baru di pusat pelayanan kesehatan. “Selain menutup sementara Puskesmas, tindakan yang dilakukan Satgas juga telah menyemprot disinfektan guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan, untuk tenaga medis dan pegawai Puskesmas diminta mengisolasi diri dulu sambil menunggu kondisi aman,” pungkas Harmani.

Sementara itu, berdasarkan data Satgas penanganan Covid-19 sampai saat ini jumlah kasus konfirmasi yang meninggal dunia (MD) totalnya sudah 13 kasus. Termasuk data terbaru salah satu nakes Puskesmas Kota Manna yakni warga Jalan Letnan Sulik Kelurahan Padang Kapuk.

Sedangkan total konfirmasi Covid-19 tercatat 115 kasus, enam orang masih menjalani isolasi mandiri, dua orang menjalani perawatan. “Sesuai standar operasional pelayanan kami dari Satgas telah melakukan penyemprotan disinfektan dan mengambil langkah-langkah antisipasi penyebarluasan virus corona pasca adanya nakes yang meninggal. Dan dengan terus bertambahnya kasus baru diharapkan warga tetap waspada dengan tetap wajib terapkan protokol kesehatan,” pungkas Sekretaris BPBD Assilawati.(one)