Pasien Covid-19 Bertambah, Rumah Sakit Overload

0
28
ilustrasi

BENGKULU – RSM Yunus Bengkulu semakin banyak menerima pasien Covid-19. Hal ini seiring, terus bertambahnya kasus positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu. Akibatnya, ruang perawatan mengalami overload atau kelebihan kapasitas.

Direktur RSM Yunus Bengkulu, dr. Zulkimaulub Ritonga, mengatakan biasanya ruang inap hanya melayani 10-12 pasien. Namun saat ini pihaknya terpaksa menerima 20-23 pasien perhari. “Kalau peningkatannya sampai 100 persen, padahal ruang inap yang tersedia hanya 21 kamar,” beber Zulki, Rabu (18/11).

Bukan hanya persoalan kamar, Zulki juga mengeluhkan jumlah kerja dokter dan perawat yang melebihi waktu jam kerja normal. Dalam kondisi normal, 4 tenaga medis hanya bertugas melayani 12 orang. Namun saat ini harus melayani sampai 20 pasien. “Saat ini yang kita butuhkan adalah kesiapan SDM. Petugas saat ini sudah kewalahan,” ujarnya.

Disampaikan Zulki, pihaknya bisa saja membuat ruang perawatan tambahan di lantai satu atau lantai dua rumah sakit. Namun hal itu terkendala SDM. Pihaknya membutuhkan tenaga relawan dari luar rumah sakit untuk bertugas. “Kemampuan kita terbatas, makanya kita membutuhkan tambahan SDM. Semoga perekrutan relawan ini dapat membantu,” ujar Zulki.

Dalam kesempatan ini, Zulki juga mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19. Apalagi angkanya sudah mencapai 1440 kasus. Banyaknya kasus yang bertambah, sambung Zulki, merupakan peringatan bagi masyarakat untuk tidak meremehkan wabah ini.

“Jangan sampai nanti kita keos (chaos, red), ini warning bagi kita semua. Kalau kasus terus bertambah, bagaimana rumah sakit mau melayani,” pungkas Zulki. (cia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here