Pasar Bawah Dibagi 4 Zona

0
731
DITATA : Inilah salah satu gambar dari pra konsep master plan penataan kawasan Pantai Pasar Bawah

KOTA MANNA – Kepala Dinas Pariwisata BS, Drs. H. Yulian Fauzi MAP mengatakan, kawasan wisata Pantai Pasar Bawah akan ditata menjadi 4 zona. Meliputi zona wisata pantai bagian utara dengan luas lahan 8,7 hektar, zona wisata pantai bagian selatan seluas 6,9 hektare, zona wisata pantai pusat penjualan ikan seluas 2,7 hektar serta zona pemukiman dan sepadan sungai seluas 12,1 hektar. “Itu merupakan hasil dari pra konsep master plan kawasan wisata Pantai Pasar Bawah. Pastinya tidak lepas dari kearifan lokal. Kawasan Pantai Pasar Bawah akan ditata jauh lebih rapi,” ujar Yulian.
Selanjutnya, kata Yulian, mengacu pada hasil pra konsep master plan akan dibuat master plan kawasan wisata Pantai Pasar Bawah. Namun tidak menutup kemungkinan ada sedikit perubahan dari pra konsep master plan. “Dari pra konsep master plan itulah nanti timbul master plannya. Master plan menjadi pedoman pembangunan,” katanya.
Pihak Dispar BS masih bekerjasama dengan pihak Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan (P-P2Par) Institut Teknologi Bandung (ITB). Berapa dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan kawasan wisata Pantai Pasar Bawah ? Yulian enggan berspekulasi karena gambaran pembiayaan baru dapat diperkirakan setelah master plan kawasan wisata selesai dibuat. “Dananya baru bisa tergambar dari masterplannya nanti. Sumber dananya selain dari pusat (Kemenpar) juga diharapkan dukungan dari pemerintah daerah,” demikian Yulian. (cas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here