Pansus PT BSL Turun Lapangan: Aroma Makelar Tanah Menguat

0
151
GIO/Rasel CEK LAPANGAN : Pansus PT BSL turun langsung ke lokasi lahan warga yang bersengketa dengan PT BSL, Senin (27/7)

KEDURANG ILIR – Untuk menelusuri akar permasalahan sengketa lahan masyarakat dengan PT Bengkulu Sawit Lestari (BSL), Senin (27/7) Pansus DPRD BS untuk PT BSL turun langsung ke lokasi lahan warga yang bersengketa. Para wakil rakyat yang tergabung dalam Pansus PT BSL bersama warga pemilik lahan mengecek satu per satu lahan yang diduga diserobot PT BSL.

Pengecekan ini langsung dipimpin Ketua Pansus PT BSL, Holman SE. “Tujuan kami cek ke lapangan adalah untuk melihat dan memastikan secara langsung lokasi lahan milik warga diduga diserobot PT BSL,” tegas Holman. Di lapangan, Pansus menemukan akar permasalahan yang menyebabkan sengketa lahan warga versus PT BSL.

Dimana, adanya dugaan kuat peran makelar tanah. Sebab hampir semua lahan warga yang diklaim PT BSL tersebut dijual oleh orang yang bukan pemilik tanah. “Dari beberapa lahan warga yang diperiksa langsung, didapati bahwa lahan milik warga tersebut dijual oleh orang lain, yang bukan pemilik lahan tersebut ke PT BSL. Disitulah sebetulnya awal timbul akar permasalahan,” beber Holman.

Seperti keterangan salah seorang warga yang bernama Tajudin yang merasa tidak pernah menjual lahannya ke PT BSL. Namun, pihak PT BSL mengklaim telah membeli lahan miliknya tersebut. Setelah dikonfrontir antara warga dan PT BSL, ternyata lahan tersebut dibeli dari orang lain yang bukan pemilik lahan tersebut.

Saat ini orang yang menjual lahan milik Tajudin itu sudah tidak bisa ditemui setelah pergi dari desa dan tidak tahu lagi keberadaannya. “Data-data dan semua temuan yang kami dapat dilapangan akan ditindaklanjuti sebagai bahan kami untuk menyimpulkan hasil kerja pansus nanti,” sambung Holman.

Sementara Humas PT BSL, Idius Safari mengaku tidak mempersalahkan temuan DPRD atas sengketa lahan dengan masyarakat. Sebab pihaknya sudah menjalankan prosedur dalam menjalankan proses pembelian lahan ke warga. “Semua dokumen pembelian lahan kami lengkap. Kami siap memberikan data tersebut jika memang diperlukan,” klaim Idius. (yoh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here