Pagu Belum Final, RAPBD Masih Alot

0
531
Waka I DPRD BS, Susman Hadi SP MM

KOTA MANNA – Rapat paripurna kesepakatan KUA-PPAS RAPBD 2018 yang rencananya akan dilaksanakan hari ini atau besok (11/11) belum pasti. Sebab, pembahasan antara Badan Anggaran DPRD dan TAPD masih alot. Salah satunya disebabkan belum finalnya pembagian pagu anggaran ke OPD serta belum disepakatinya arah kebijakan anggaran.
“Belum tahu apakah besok (hari ini) atau Sabtu (11/11) jadi paripurna. Soalnya pembahasan belum selesai. Rencananya malam ini (tadi malam) kami akan rapat lagi dengan TAPD. Kalau ada kesepakatan dan pembahasan selesai, mungkin bisa dilaksanakan rapat paripurna kesepakatan KUA-PPAS,” kata Waka I DPRD BS, Susman Hadi SP MM.
Susman mengaku, program dan kebijakan anggaran yang diusulkan eksekutif banyak yang belum terlalu mendesak. Sementara usulan pembangunan yang sudah lama dinantikan masyarakat malah tidak terakomodir. “Usulan eksekutif itu diantaranya mau membangun tugu gapura selamat datang. Kemudian ada juga pembangunan gedung perpustakaan dan pembangunan gedung Dukcapil, pembelian lapangan Kelutum dan anggaran diprioritaskan dipenataan kota. Nah menurut saya itu belum terlalu penting. Masih banyak dipinggiran itu masyarakat yang membutuhkan pembangunan. Karena buat apa kita berpoles-poles, sementara masyarakat di desa kesulitan untuk mengangkut hasil kebun,” beber Susman.
Dikatakan Susman, jika anggaran yang tersedia banyak, boleh-boleh saja mengusulkan pembangunan. Namun saat ini kondisi keuangan daerah sedang krisis. Sehingga perlu dipilih sektor yang prioritas untuk direalisasikan. “DAK yang kita dapat jumlahnya kecil, DAU juga ada pengurangan. Jadi anggaran sangat minim. Karena itu, kami meminta arah kebijakan anggaran mendahulukan dulu yang dibutuhkan masyarakat. Kalau soal mau membuat kenangan, tahun depan kan bisa,” tutup politikus Golkar ini. (yoh)