Optimalkan Standar Kurikulum Pendidikan

0
26
BERSAMA : Guru SMAN BS berfoto bersama tim dari Cabdindik Wilayah III Manna, usai kegiatan IHT siang Senin (26/10)

PINO RAYA – Untuk mendukung proses pembelajaran di masa pandemi covid-19. Masing-masing sekolah rutin menggelar kegiatan workshop ataupun pelatihan. Salah satunya di SMAN 9 BS pada hari Senin (26/10), yang menggelar kegiatan In House Training (IHT) dipesertai oleh seluruh guru sekolah tersebut.

Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Manna, Diazdado Putra Jaya, SE, M.Si mengatakan bahwa dengan rutin menggelar workshop maupun pelatihan. Diharapkan standar kurikulum di masa pandemi ini tetap tercapai dengan optimal. Sehingga, pada saat persiapan menghadapi asessment tahun depan, pihak sekolah tidak gelabakan lagi.

“Selama masa pandemi ini, sekolah memang dituntut untuk lebih giat dan inovatif dalam melaksanakan proses pendidikan. Mulai dari sistem yang digelar seperti apa, kemudian poin dan item pokok yang harus dicapai itu bagaimana. Maka dari itu, dengan kegiatan workshop inilah guru akan diberikan pemahaman,” ujar Diaz.

Sekolahpun harus mampu menyesuaikan dengan sistem penilaian berbasis elektronik. Salah satunya melalui E-raport. Dengan sistem e-raport memungkinkan agara data siswa lebih mudah untuk diakses ketika suatu saat diperlukan pemantauan.

“Arahnya memang ke sistem e-raport, tapi untuk sekarang masih dalam tahap pengembangan. Mudah-mudahan saja kedepan konsep berbasis teknologi semakin mengakar di sekolah,” paparnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 9 BS, Arlin Gustina, M.Pd mengaku siap menjalankan semua agenda kependidikan berdasarkan aturan dan kedisiplinan dalam mewaspadai virus corona. Pihaknya juga berkomitmen untuk menerapkan sistem pendidikan yang fleksibel dan mudah dipahami oleh siswa.

“Sekolah akan berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan sistem pendidikan sesuai dengan standar kurikulum. Terpenting adalah siswa dapat memahami arah materi yang telah dikemas oleh guru,” tutupnya. (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here