Mutasi Guru Setelah Lebaran

0
777
Ilustrasi

Kepala Sekolah 2 Periode Jadi Sasaran

KOTA MANNA – Mutasi para pendidik jenjang TK hingga SMP di bawah naungan Dins Dikbud BS, bukan isapan jempol belaka. Mutasi guru besar-besaran akan dilaksanakan akhir bulan Juni ini. Draft usulan mutasi guru yang belakangan ini sedang disusun dalam waktu dekat disebut-sebut Kepala Dinas Dikbud BS, H. Darmin SE, sudah rampung. “Mutasi guru pasti kita laksanakan. Nanti habis lebaran soalnya TMT di SK baru guru nanti mulai 1 Juli,” ujar Darmin.
Darmin masih enggan membeberkan jumlah guru dan kepala sekolah (kepsek) yang akan dimutasikan. Dia hanya menyebut prioritas mutasi adalah guru yang sekolah tempatnya bertugas sebelumnya terkena penggabungan atau merger sekolah. Guru yang sekolahnya tempat berugas terdampak dari merger akan ditempatkan di sekolah induk. Namun, jika di sekolah induk ternyata jumlah guru berlebih maka guru akan dipindahkan disekolah yang kurang guru.
Selain itu tujuan utama pelaksanaan mutasi di kalangan para pendidik ini untuk memeratakan penempatan guru di BS. “Kan ada 11 SD dan SMP digabung serta 20 TK swasta di Bengkulu Selatan yang dinegerikan. Jadi penempatan gurunya akan kita atur jangan sampai terjadi penumpukan guru di sekolah induk setelah digabung,” terang Darmin. Selain itu, diakui Darmin, kepsek yang sudah dua periode menjabat sebagai kepala sekolah akan diberhentikan dan dikembalikan sebagai guru biasa.
“Berdasarkan aturan yang berlaku dilarang lebih dari dua periode menjabat sebagai kepala sekolah,” katanya. Itu berdasarkan Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010, guru dapat diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah untuk memimpin dan mengelola sekolah/madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Masa tugas ataupun masa jabatan kepsek/madrasah diberi 1 kali masa tugas selama 4 tahun.
Masa tugas kepsek/madrasah dapat diperpanjang untuk 1 kali masa tugas apabila memiliki prestasi kerja minimal baik berdasarkan penilaian kinerja. “Guru yang melaksanakan tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah 2 kali masa tugas berturut-turut, dapat ditugaskan kembali menjadi kepala sekolah/madrasah di sekolah/madrasah lain yang memiliki nilai akreditasi lebih rendah dari sekolah/madrasah sebelumnya, apabila telah melewati tenggang waktu sekurang-kurangnya 1 (satu) kali masa tugas; atau memiliki prestasi yang istimewa,” demikian Darmin. (cas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here