Motor dan Mobil Dilarang Pakai Knalpot Racing

0
15

KOTA MANNA – Meski dilarang dan sering disita petugas, masih banyak sepeda motor dan mobil yang menggunakan knalpot racing. Seperti di BS, Sat Lantas Polres sudah cukup sering menindak kendaraan yang menggunakan knalpot racing.

“Knalpot racing disita dari hasil razia rutin dan juga penertiban balap liar. Soalnya masih banyak sepeda motor yang memakai itu,” kata Kapolres BS, AKBP Deddy Nata SIK melalui Kasat Lantas, Iptu Eka Hendra A, STK SIK disampaikan KBO Lantas, Iptu Bambang BD.

Disampaikan Bambang, penggunaan knalpot racing dan brong dilarang karena menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain akibat suara bising yang dihasilkan. Selain itu, penggunaan knalpot racing juga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Sebab rerata pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot racing, membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi di jalan umum. Jelas saja itu berbahaya untuk diri sendiri dan pengendara lain. “Penggunaan knalpot racing hanya dibolehkan di lintasan balap. Kalau di jalan umum tidak boleh, wajib pakai knalpot standar,” tegasnya.

Ia mengimbau masyarakat yang punya sepeda motor yang menggunakan knalpot racing sebaiknya dilepas dan diganti dengan knalpot standar. Karena hal itu dapat menganggu orang lain dan berbahaya bagi diri sendiri.

“Kalau di jalan raya ada motor pakai knalpot racing, tentu akan ditilang. Knalpotnya disita, selanjutnya dimusnahkan,” tegas Bambang. (yoh)