Meski Cuti, TPG Tetap Cair

0
187
Sejumlah Guru dan Kepsek di Bengkulu Selatan dalam suatu acara beberapa waktu lalu ( Foto/Doc Radar Selatan)

KOTA MANNA – Kabar baik, proses penyaluran Tunjangan Profesi Guru (TPG) saat ini lebih mudah dan ringan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya yakni untuk guru yang mengajukan cuti khusus dengan jangka waktu yang cukup lama, tetap mendapatkan TPG meskipun jam mengajar mereka tertunda.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri (permen) Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 19 Tahun 2019 tentang petunjuk teknis penyaluran tunjangan profesi, tunjangan khusus dan tambahan penghasilan guru PNS daerah. Guru yang melaksanakan cuti pendidikan, cuti melahirkan, cuti naik haji/keagamaan dan urusan penting lainnya tetap mendapatkan fasilitas TPG.

“Ya kalau sebelumnya penyaluran TPG lebih ketat dan harus dengan kriteria tertentu. Namun setelah adanya peraturan tersebut lebih mudah. Hal tersebut tentu berdampak baik bagi guru yang sedang dalam urusan penting. Jadi mereka tidak perlu khawatir akan tunjangan mereka,” kata Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Bidang PTK Disdikbud BS, Ariaty Devi, S.Pd.

Dengan adanya keringanan tersebut menurut Devi, harusnya menjadi perhatian dan motivasi guru untuk lebih baik dan profesional dalam menjalankan tugas. Jangan sampai justru dengan adanya keringanan guru menjadi lalai dan tidak fokus dalam mengajar.

“Untuk di BS sendiri total guru dan pengawas yang sudah sertifikasi mencapai 1200 orang. Alhamdulillah untuk TPG tahap kedua telah cair dan masuk ke rekening mereka masing-masing,” sambung Devi.

Apalagi dengan kondisi covid-19 ini, pihaknya menilai bahwa peran guru sertifikasi harusnya lebih ditonjolkan. Sebab, untuk lulus sertifikasi guru harus melewai serangkaian tes dan diklat yang diadakan oleh pemerintah. “Mudah-mudahan saja kualitas pendidikan khususnya di wilayah BS lebih baik lagi kedepannya,” pungkas Devi. (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here