Libur Cuti Bersama, Stok BBM Dipastikan Aman

0
11
STOK: Pertamina memastikan stok BBM dan LPG aman selama libur panjang

BENGKULU – PT. Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel, memastikan pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat dalam kondisi aman. Stok BBM dan LPG cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Umar Ibnu Hasan, mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir karena Pertamina terus melakukan pemantauan suplai dan distribusi BBM dam LPG. “Pertamina terus menjalin koordinasi dengan semua pihak, guna memastikan kelancaran pasokan energi di lapangan,” ujar Umar, Senin (25/10).

Jika masih diperlukan, penyaluran BBM maupun LPG akan terus ditambah sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk produk subsidi, akan disesuaikan dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah.

“Guna memastikan kesiapannya, Pertamina telah menyiagakan mobil tanki dan juga infrastruktur dalam kondisi maksimum,” ungkap Umar. Selama September 2020, tercatat konsumsi BBM non subisdi jenis Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) sekitar 140.000 kiloliter, atau turun sekitar 6 persen dari rata-rata konsumsi sebelum Covid-19, pada Januari-Februari yang berkisar 150.000 kiloliter.

Sedangkan untuk konsumsi BBM non subsidi jenis Gasoil (Dex, Dexlite) pada September 2020 sebanyak 4.495 kiloliter atau meningkat 17 persen dibanding rata-rata konsumsi sebelum Covid-19 yang hanya 3.850 kiloliter. Sedangkan untuk LPG, selama Covid-19 konsumsi sektor rumah tangga di bulan September mengalami kenaikan. Untuk LPG PSO 3 Kg naik 4 persen dari konsumsi normal sebelum Covid-19 (Jan-Feb), dari 43.000 metric ton menjadi 46.000 metric ton.

Sedangkan untuk LPG Non PSO, di bulan September juga mengalami kenaikan 9 persen dibanding dengan rata-rata konsumsi sebelum Covid-19. Dari 4.700 metric ton menjadi 5.100 metric ton.

“Karena saat ini kami telah menyiapkan proyeksi penyaluran fakultatif terutama di lokasi-lokasi yang menjadi tujuan mudik dan tujuan wisata untuk disalurkan menjelang libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW,” beber Umar. (cia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here