Lapor Distan, Irigasi Binjai Jaya Rusak

0
16
RUSAK : Saluran irigasi di area persawahan Binjai Jaya Desa Talang Padang ditutup oleh petani setempat dengan material seadanya agar air tetap mengalir

PINO RAYA – Petani area persawahan Binjai Jaya Desa Talang Padang Kecamatan Pino Raya mengeluhkan kondisi saluran irigasi yang rusak. Sebab, dengan rusaknya saluran irigasi tersebut menyebabkan aliran tidak maksimal ke sawah petani. Padahal, saat ini sedang memasuki tahap awal penggarapan sawah.

Dikatakan oleh Ketua Kelompok Tani Binjai Jaya, Bunhar Subarjo, kerusakan saluran irigasi tersebut sudah cukup lama dan belum ada perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda). Sehingga, pihaknya terpaksa memperbaiki dengan mencari batang bambu sebagai penahan arus air alternatif.

Namun itupun hanya bersifat sementara, karena ketahanan bambu tidak bisa sekuat semen. “Harapan kami saluran irigasi ini cepat diperbaiki, karena berdampak pada suplai air ke sawah petani,” ungkap Bunhar.

Selain menghambat masa pengolahan sawah, minimnya pasokan air yang masuk, juga berdampak pada hasil panen padi nantinya.

Padahal, setiap tahun hasil produksi padi petani area persawahan Binjai Jaya selalu maksimal. “Kekhawatiran kami jika saluran irigasi tidak optimal, juga berpotensi menyebabkan gagal panen,” ujarnya. Senada dikatakan petani lainnya, Rudianto yang mengaku di area persawahan Binjai Jaya hanya memiliki satu titik sumber irigasi.

Apabila irigasi tersebut tidak bisa lagi digunakan, maka petani harus menyedot air Sungai Selali menggunakan mesin. Namun biaya operasional yang dikeluarkan tidaklah sedikit. “Mudah-mudahan saja segera ada perhatian dari Pemda, kapan perlu cek langsung ke lapangan untuk memastikan kondisi realnya. Kamipun siap mendampingi,” pungkasnya. (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here