Lagi, Kades di Bengkulu Selatan Dipenjara Karena Dana Desa

0
6155

KOTA MANNA – Jumlah kepala desa (kades) di Bengkulu Selatan yang terseret hukum dan meringkuk dibalik jeruji besi akibat korupsi dana desa kembali bertambah.

Kali ini Kepala Desa (Kades) Gunung Kayo Kecamatan Bunga Mas berinisial Ah ditahan penyidik Pidsus Kejari BS karena menyelewengkan uang negara tersebut. Ah tidak sendiri, penyidik turut menahan satu tersangka lain yang merupakan mantan bendahara di desa tersebut berinisial Wi.

“Ya, hari ini kedua tersangka kami tahan,” kata Kasi Pidsus Kejari BS, Marjek Ravilo, SH, Senin (27/1).

Ah dan Wi sebetulnya sudah lama menyandang status tersangka dalam kasus tersebut. Namun keduanya tidak ditahan karena berkas belum P21 atau belum siap disidangkan. “Kedua tersangka dilakukan penahanan 20 hari kedepan. Secepatnya berkas akan dilimpahkan ke pengadilan Tipikor untuk disidangkan,” ujar Marjek.

Untuk diketahui, Ah dan Wi terjerat dugaan korupsi dana desa tahun anggaran 2016. Awal mula perkara tersebut dari laporan warga yang melaporkan beberapa item pekerjaan proyek di desa seperti pembuatan siring dan jalan rabat beton diduga tidak sesuai spesifikasi. Penydik kemudian melakukam pengusutan. Berdasarkan audit BPKP kerugian negara mencapai Rp 200 juta. (yoh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here