Korban Terakhir Putusnya Jembatan Gantung di Kaur Ditemukan, Total 10 Korban Meninggal Dunia

0
198
Warga dan tim gabungan saat mengevakuasi jenazah Ipan korban terakhir yang ditemukan. FOTO: JULIANTO/Rasel

PADANG GUCI HULU – Korban terakhir tragedi putusnya jembatan gantung Gedung Lois di Desa Manau IX 2 Kecamatan Padang Guci Hulu akhirnya berhasil ditemukan tim gabungan, Selasa (21/1).

Ipan (16), warga Desa Pulau Panggung Kecamatan Padang Guci Hilir (Pagulir) ini ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa di bebatuan aliran Sungai Padang Guci di Desa Perugayan Kecamatan Kaur Utara. “Alhamdulillah sudah ditemukan saat ini sudah dibawa ke rumah duka oleh tim,” kata Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat S.Ik Selasa (21/1).

Dengan ditemukannya Ipan yang masih duduk di bangku salah satu SMAN di Kaur ini, maka seluruh korban putusnya jembatan gantung Gedung Lois sudah ditemukan. Ipan merupakan korban terakhir pasca putusnya jembatan pada 19 Januari sekitar pukul 15.30 WIB. Evakuasi sendiri melibatkan Personil Polres Kaur, Tim SAR, Basarnas, Anggota koramil 408-02/KU dan masyarakat setempat.

Sedangkan 9 korban lain yang sudah ditemukan dalam kondisi meninggal yakni Emilia (15)
warga Desa manau IX 2, Padang Guci Hulu (Pagulu), Yeni (15) warga Manau IX 2 Pagulu, Pio (-) Bungin Tambun 3 Pagulu, Peri Rohman (-) Pulau Panggung Pagulir, Migi Panata Akbar (20) desa Rigangan 3 Kecamatan Kelam Tengah, Mika (-) Desa Bungin Tambun 3 Pagulu, Viki (-) Pulau Panggung Pagulir, dan Intan Guspaini (16) Desa Bungin Tambun II Kecamatan Pagulu ditemukan dalam waktu yang berbeda dan tempat berbeda.

Bupati kaur mendampingi Danrem serta unsur FKPD Kaur saat ke lokasi putusnya jembatan gantung. FOTO: JULIANTO/Rasel

Sementara itu, setelah Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Supratman berkunjung pada Senin
(20/1) ke lokasi kejadian, kemarin sekitar pukul 11.00 WIB. Danrem 041/Gamas Kol. Inf Dwi Wahyudi SAN,MM juga melakukan kunjungan ke TKP lokasi jembatan putus.

Selain Danrem juga hadir pihak Kemen PU RI Iwan Jarkasih, Bupati Kaur Gusril Pausi, S.Sos, M.AP, Kadis PU Provinsi Bengkulu Ir. Mulyani Toha, Dandim 0408/BS Letkol Inf Yudha Nugraha, Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat S.Ik serta pihak terkait lainnya juga memantau lokasi. “Kami turut berduka cita yang mendalam atas musibah yang terjadi, semoga keluarga yang mendapat musibah dapat tabah,” ujar Danrem.

Polres Kaur Selidiki Penyebab Putusnya Jembatan Gantung

Sementara itu menyikapi putusnya jembatan itu, Kapolres Kaur melalui Kasat Reskrim Iptu
Ahmad Khairuman SE, M.Si langsung membentuk tim penyelidikan putusnya jembatan gantung dan melakukan klarifikasi terhadap tiga orang saksi yakni Arif Jumadin (14), Miko Putra (19) serta Candra Irawan (29), ketiganya warga Desa Bungin Tambun III Kecamatan Padang Guci Hulu.

Saat tragedy putusnya jembatan tersebut terjadi, saksi Arif dan Candra berada di tengah-
tengah jembatan gantung dan terjatuh ke air dan sempat hanyut terbawa arus. Mereka berhasil selamat dengan mengalami luka jahitan dibagian kening serta kepalanya. Sedangkan Miko berada di pinggir jembatan gantung yang putus.

Ketiganya mengaku bahwa yang berada di atas jembatan lebih dari 20 orang, mereka pada
saat itu hanya melewati jembatan gantung dan akan pulang dari melihat air Terjun. Namun
sebelum jembatan gantung putus ada empat orang yang tidak dikenal oleh ketiganya menggoyang-goyangkan jembatan gantung.

Nah setelah ada yang menggoyang-goyangkan jembatan gantung tersebut barulah seling
jembatan gantung putus dan jembatan terjun ke air. “Hasil pengecekan kami jembatan itu
baru selesai rehab 2019, dan juga sempat sudah putus dan ini kejadian keduanya, digunakan untuk akses warga untuk ke kebun dan ke wisata air terjun,” ujar Kasat.

Untuk memperdalam bukti-bukti, pihaknya juga sudah mengambil sampel besi jembatan untuk dilakukan uji. Direncanakan hari ini (22/1), tim juga akan memotong ujung putus seling jembatan untuk di bawa ke laboratorium untuk diuji penyebab putusnya. Pihaknya juga akan memanggil pihak ketiga yang melakukan rehab jembatan dan klarifikasi dengan Dinas PU Provinsi Bengkulu.

“Akan kita selidiki penyebab ambruknya jembatan ini,” tegas Kasat Reskrim. (jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here