Konfirmasi Covid-19 Menjadi 12 Orang: Cluster Puskesmas Kembang Mumpo Bertambah 4 Kasus

0
2676
ilustrasi virus corona
Ilustrasi

TAIS – Kasus konfirmasi covid-19 di Seluma, kembali bertambah. Hal itu setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma, menerima hasil swab susulan untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Kembang Mumpo, serta keluarganya, Minggu (9/8).

Untuk Seluma, terdapat tambahan empat kasus. Dua orang merupakan Nakes Puskesmas Kembang Mumpo. Serta dua orang lainnya merupakan anggota keluarga empat Nakes yang dinyatakan konfirmasi covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri.

Kepala Dinkes Seluma, Rudi Syawaludin, S.Sos, mengatakan dengan tambahan empat orang positif covid-19, Minggu (9/8) siang, total kasus positif covid-19 di Seluma menjadi 12 orang.

“Yang pertama ada dua orang warga Desa Niur. Kemudian tambahan enam orang yang merupakan tenaga kesehatan dari Puskesmas Kembang Mumpo. Satu di antaranya meninggal dunia, satu masih dirawat di Bapelkes dan empat orang menjalani isolasi mandiri. Itu untuk delapan orang pertama,” beber Rudi.

Untuk tambahan empat kasus lagi, Rudi mengatakan dua orang warga sipil merupakan keluarga dari empat nakes yang menjalani isolasi mandiri. Serta dua orang Nakes Puskesmas Kembang Mumpo. Sehingga penambahan kasus cluster Puskesmas Kembang Mumpo Kecamatan Semidang Alas Maras.

Rudi mengatakan bertambahnya kasus positif covid-19 di Seluma ini, masyarakat diminta untuk waspada. Selalu menjaga kesehatan dan menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan mencuci tangan.

Mulai hari ini, Senin (10/8), Dinkes Seluma kembali akan melakukan screening terhadap Nakes lainnya di Puskesmas Kembang Mumpo. Termasuk seluruh warga yang sudah pernah kontak dengan 12 orang yang terkonfirmasi covid-19.

“Kami akan melacak lagi untuk melihat siapa saja yang sudah kontak fisik dengan pasien tanpa gejala. Terutama dengan empat orang kasus tambahan terbaru. Saat ini mereka sudah kami minta untuk melakukan isolasi secara mandiri demi kebaikan bersama,” pungkas Rudi. (rwf)

Daftar Tambahan 4 Kasus Covid-19 Cluaster Nakes Puskesmas Kembang Mumpo

1. Perempuan, 24 tahun, Kab Seluma, tidak ada gejala, isolasi mandiri
2. Perempuan, 36 tahun, Kab Seluma, tidak ada gejala, isolasi mandiri
3. Laki-laki, 42 tahun, Kab Seluma, tidak ada gejala, isolasi mandiri
4. Perempuan, 60 Tahun, Kab Seluma, tidak ada gejala, isolasi mandiri
(sumber; dinkes seluma)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here