Kinerja Bawaslu Seluma Dipertanyakan

0
27
KOORDINASI: Kuasa Hukum dari paslon nomor urut 3 mendatangi Bawaslu Seluma meminta penegasan soal dugaan pelanggaran yang mencatut nama Bawaslu

TAIS – Berbagai desakan ditujukan kepada Bawaslu Seluma. Hal ini terkait adanya rekaman ketua salah satu parpol sekaligus anak salah satu paslon, yang diduga mengumpulkan Panwascam serta Panwas Desa Sukaraja untuk mengondisikan mengarahkan dukungan kepada salah satu kandidat. Meski Bawaslu sudah melakukan pemeriksaan serta memastikan pertemuan tersebut memang ada.

Kuasa Hukum pasangan calon nomor urut tiga, Erwin Octavian-Gustianto, Rabu (18/11), mendatangi Sekretariat Bawaslu. Mereka mempertanyakan proses penanganan dugaan pelanggaran Panwasdes dan Panwascam di Kecamatan Sukaraja. Kedatangan Kuasa Hukum Paslon Nomor Urut 3 diterima oleh Anggota Bawaslu Seluma, Suryadi dan Iwan Setiawan.

Anggota Kuasa Hukum Paslon Nomor Urut 3, Aan Julianda, MH, meminta Bawaslu menindaklanjuti dugaan pelanggaran yang dilakukan Anggotanya sendiri, begitu juga dengan dugaan pencatutan. “Saat ini ada dua dugaan pelanggaran. Yang pertama mengenai dugaan pengumpulan Anggota Panwasdes dan Panwascam di Kecamatan Sukaraja. Kemudian mengenai dugaan pencatutan nama Anggota Bawaslu yang dilakukan oknum Ketua Partai Politik,” ujar Aan.

Menyikapi hal itu, Anggota Bawaslu Seluma, Suryadi, mengaku berterima kasih atas kedatangan kuasa hukum paslon tersebut. Dia mengaku telah memberikan penjelasan mengenai penanganan laporan. Dirinya memastikan penanganan pelanggaran dilakukan secara profesional.

“Kami telah melakukan pemeriksaan, hasilnya sedang kami pelajari. Mengenai hasil dari pemeriksaan yang telah kami lakukan, belum bisa kami sampaikan karena memang belum selesai prosesnya, akan kami sampaikan dalam rapat pleno,” jelasnya.

Jika jenis pelanggarannya adalah kode etik, sambung Suryadi, akan diterapkan sanksi sesuai kode etik. “Kami belum menemukan adanya dugaan pelanggaran pidana,” tuntasnya. (rwf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here