Kepala Sekolah Diminta Proaktif Teliti Dapodik

0
225
Dinas Dikbud berancana akan melaksanakan mutasi kepala sekolah dan guru. Tampak foto sejumlah kepsek pada suatu acara di aula Dinas Dikbud BS beberapa waktu lalu

KOTA MANNA – Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS Rispin Junaidi, M.Pd meminta agar kepala sekolah proaktif dalam mengawasi dan menelitik data yang diinput ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Jangan hanya mengandalkan petugas operator. Hal ini agar tidak terjadi lagi adanya kesalahan dan kekeliruan data yang diinput.

Pasalnya, hingga kemarin masih ada dapodik sekolah yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Sehingga beberapa sekolah tidak mendapat bantuan dari pusat sesuai yang diajukan.

“Kepsek harus ikut awasi, meneliti data yang diinput. Jangan cuek saja, cek apakah data yang diinput itu sudah sesuai kondisi sebenarnya atau tidak,” ungkap Rispin.

Pihak sekolah juga diminta jujur mengisi dapodik. Sebab data tersebut menjadi pedoman pihak Kemendikbud RI dan Dinas Dikbud BS menyalurkan bantuan untuk sekolah. “Jadi sekolah itu harus jujur isi datapodik. Supaya bisa mendapat bantuan berupa bantuan fisik seperti rehab bangunan sekolah atau pengadaan alat pendidikan,” katanya.

Dengan adanya system Dapodik, pihak sekolah saat ini tidak perlu lagi membuat dan menyampaikan proposal permohonan bantuan yang ditujukan ke Dinas Dikbud.

“Sumber data sekarang seluruhnya ada di Dapodik. Kondisi sekola juga sudah tergambarkan disana (Dapodik) itu menjadi pedoman kemana dana bantuan akan disalurkan,” pungkasnya. (yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here