Kemen PUPR Hibahkan Aset Rp 2,6 M

0
549
TANDATANGAN : Bupati H Dirwan Mahmud saat melakukan penandatanganan hibah dari Kementerian PUPR terkait hibah aset barang milik negara bidang infrastruktur permukiman kepada pemerintah daerah

KOTA MANNA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menyerahkan hibah aset barang milik negara (BMN) bidang infrastruktur permukiman kepada pemerintah daerah.
Salah satunya Pemkab BS mendapat Rp 2,6 miliar dalam bentuk barang jaringan sanitasi air minum yang selama ini asetnya masih tercatat di Kementerian PUPR. Penandatangan berita acara hibah dilakukan Bupati H Dirwan Mahmud dengan Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR, Ir Sri Hartoyo ME, kemarin (17/11).

“Penandatanganan ini dilakukan bersama dengan daerah lain yang juga dapat penyerahan aset, untuk Bengkulu Selatan berupa jaringan sanitasi air minum yang dibangun sejak tahun 2017 sampai 2014, tetapi penyerahanya dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini dilakukan penyerahan hibah senilai Rp 2,6 miliar lebih untuk tahun 2007, 2008 dan 2012,” ujar Kabag Hukum Setkab BS, Hendri Donan SH.
Dijelaskan Hendri, ada delapan paket aset yang diserahkan totalnya Rp 2,6 miliar tersebut, meliputi jaringan pembawa kapasitas kecil senilai Rp 112 juta, jaringan pembawa kapasitas kecil senilai Rp 409 juta, jaringan pembawa kapasitas kecil senilai Rp 177 juta, dan jaringan pembawa kapasitas kecil senilai Rp 385 juta masing-masing tahun 2012 lalu.

Selain itu, juga jaringan cabang distribusi kapasitas kecil senilai Rp 532 juta tahun 2007, jaringan transmisi tegangan 100 sampai dengan 300 KVA senilai Rp 290 juta tahun 2008 dan jaringan pembawa kapasitas besar senilai Rp 703 jura tahun 2008. “Penyerahaan aset BMN kali ini memiliki nilai mencapai Rp2,6 miliar semuanya mencakup bidang air minum kedepan akan menjadi aset dan tercatat dalam kartu infentaris barang aset daerah, serta berhak memelihara, mengoperasikan, melakukan perawatan melalui APBD, dan dapat memanfaatkan dan mempergunakan barang tersebut sesuai dengan peruntukannya,” jelas Donan.(one)