Jaksa Pastikan Seret Tersangka Dugaan Korupsi Dispendik Seluma

0
16
ilustrasi/raselnews

TAIS – Jaksa Kejari Seluma memastikan kasus dugaan korupsi di Dinas Pendidikan Seluma, bakal menyeret tersangka. Pasalnya Jaksa Kejari Seluma sudah memeriksa 10 orang saksi terkait rehab gedung Dinas Pendidikan Seluma tahun anggaran 2018 yang menelan uang negara hingga Rp 800 juta.

Kajari Seluma, Muhammad Ali Akbar, MH, melalui Kasi Pidsus, Ahmadi, MH, mengatakan salah satu saksi yang diperiksa adalah mantan Plt Kadis Dinas Pendidikan. Mereka dimintai keterangan untuk menjelaskan proses pembangunan yang dilaksanakan pada 2018 lalu.

Ahmadi mengatakan pihaknya sudah meminta bantuan tenaga ahli dari Universitas Bengkulu untuk menghitung kerugian negara yang timbul atas pembangunan tersebut. Dugaan awal, terjadi indikasi penyimpangan dana rehab gedung dengan total anggaran Rp 800 juta tersebut.

“Saat ini rencana rehab gedung Dispendik terhenti. Dari pemeriksaan lapangan yang kami lakukan, baru dibangun tiang-tiangnya saja. Sedangkan bentuk gedung dan bangunannya belum ada,” beber Ahmadi kepada wartawan.

Setelah dilakukan audit dan ditemukan kerugian negara, Kejari Seluma akan melakukan ekspose perkara. Selanjutnya, kasus ini akan dinaikkan ke tahap penyidikan yang artinya akan menyeret tersangka.

“Kami pastikan akan menyeret tersangka. Setelah tim ahli Universitas Bengkulu melakukan audit dan hasilnya keluar dan kerugiannya jelas, kami naikkan pada tahap penetapan tersangka,” tegas Kasi Pidsus. (rwf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here