Jabatan 15 Kepsek Dicabut

0
466
ANGGA/Rasel TEKEN: Kepala Dinas Dikbud BS melantik 46 kepsek, kemarin (6/11)

KOTA MANNA – Kepala Dinas Dikbud BS, Novianto S.Sos, M.Si menyebut kinerja kepala sekolah (kepsek) belum maksimal. Itu pula yang disebutnya menjadi landasan pelaksanaan mutasi kepsek yang dijalankan.
Setidaknya 15 kepsek dicabut tugasnya dan dikembalikan menjadi guru biasa. Bukan hanya itu, mereka juga dimutasi dan ditempatkan ke sekolah lain yang dianggap membutuhkan.
Kemarin, Novianto melantik 46 guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai kepsek. Pelantikan digelar di aula Dinas Dikbud BS.
“Hasil penilaian tim, mutasi Dinas Dikbud dari para Kepala UPTD Dikbud, Kepala Bidang dan Pengawas Sekolah. Pasca itu, muncullah nama-nama kepsek dan guru ini,” ujar Novianto.
Dikatakannya, ada 46 guru jenjang TK sampai SMP yang dirotasi, dipromosikan dan kembali sebagai guru biasa pada mutasi kepsek yang digelar. Rinciannya, 14 kepsek dirotasi tempat tugas, 15 kepsek yang dijadikan guru serta 16 guru yang dipromosikan menjadi kepsek.
Mutasi yang dilaksanakan bahkan juga menyasar Ketua PGRI BS, Gunawan Oktawarman, S.Pd yang dimutais menjadi guru SMPN 4 BS. Untuk menggantikan tugasnya sebagai Kepala SMPN 2 BS, Dinas Dikbud BS mempromosikan Nurlaili S. S.Pd yang sebelumnya bertugas sebagai guru di sekolah tersebut.
“Itu semua hasil penilaian tim. Karena kinerja (kepsek) dinilai belum maksimal sehingga tugas tambahan sebagai kepala sekolah dicabut,” terang Novianto.
Selain itu, Novianto mengaku ada 16 guru yang dipromosikan menjadi kepsek. Yakni Efriyanti M.Pd sebagai Kepala SDN 9 BS, Binhar S.Pd sebagai Kepala SDN 12 BS, Ermalawati S.Pd Kepala SDN 11 BS, Ika Utamiarti S.Pd Kepala SDN 9 BS, Mahuni S.Pd Kepala SDN 38 BS.
Selanjutnya Yuhan S.Pd sebagai Kepala SDN 40 BS, Yohaniarti S.Pd Kepala SDN 53 BS, Amran S.Pd Kepala SDN 62 BS, Kusman S.Pd Kepala SDN 81 BS, Taswin S.Pd Kepala SDN 99 BS. Sedangkan Adi Purnawarman Akbar S.Pd dipercaya menjadi Kepala SDN 109 BS, Nur Ainun S.Pd Kepala SMPN 9 BS, Nurlaili S. S.Pd Kepala SMPN 2 BS, Ernawati S.Pd  Kepala SMPN 31 BS, Biharman S.Ag Kepala SMPN 23 BS dan Sulaiman Effendi dipromosikan menjadi Pengawas SD.
Novianto mengklaim mutasi guru dan kepsek sesuai Keputusan Bupati BS, H. Dirwan Mahmud nomor SK.821.2.597 Tahun 2017 tentang Mutasi Kepala TK, SD, SMP dan Pengawas lingkungan Pemkab BS. Novianto bahkan siap bertanggung jawab sepenuhnya jika terjadi kesalahan dalam mutasi yang digelar.
“Seluruh guru yang dipromosikan sebagai kepsek sudah mengikuti pelatihan sebagai kepsek dan masing-masing mempunyai sertifikat calon kepala sekolah (cakep) baik yang diterbitkan LPMP Bengkulu maupun LP2KS Solo,” tegas Novianto.
Ditambahkannya, tidak ada sisi politis atau jual beli kursi kepsek pada mutasi ini. Seluruhnya murni hasil penilaian dari tim khusus yang dibentuk Dinas Dikbud. Dia mengingatkan untuk segera menggelar sertijab agar pelaksanaan pendidikan di sekolah tidak terganggu.
“Untuk kepsek yang baru, harus lebih pandai memanajerial sekolah. Kalau tidak bisa meningkatkan prestasi sekolah, setidaknya bisa mempertahankan prestasi,” demikian Novianto. (cas)