Ini Prediksi Koalisi Parpol Pada Pilkada Bengkulu Selatan

0
369

KOTA MANNA – Meski belum ada partai politik (parpol) yang menetapkan bakal pasangan calon bupati-wabup yang akan diusung di pilkada 9 Desember 2020, namun arah koalisi parpol sudah bisa diprediksi. Berdasarkan hitungan jumlah kursi di DPRD BS, maksimal hanya empat paslon bupati-wabup yang dapat diusung jalur parpol. Sembilan parpol pemilik kursi pun mulai menjalin komunikasi untuk kesepakatan koalisi.

Beberapa parpol yang intens komunikasi membicarakan koalisi diantaranya PAN dan PKPI, Partai Nasdem dan Berkarya, PDIP, Gerindra dan Perindo, Golkar, Gerindra dan Perindo, PAN, PKPI dan Demokrat. Masing-masing pengurus daerah tingkat kabupaten parpol tersebut terus komunikasi secara lisan terkait koalisi.

Hal itu dibenarkan pengurus parpol di BS, seperti disampaikan Ketua DPC Gerindra BS, Drs.Yunadi yang mengaku komunikasi dengan beberapa parpol tetap dijalankan. Hal itu penting sebagai salah satu persiapan untuk menghadapi pilkada.

“Partai politik merupakan peserta pemilu. Menjelang pilkada serentak bulan Desember nanti, tentunya komunikasi dengan partai lain dijalankan,” kata Yunadi.

Serupa disampaikan Ketua DPD II Partai Golkar BS, Susman Hadi, SP MM. Ditengah proses penyaringan balonbup yang masih berjalan, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan parpol terkait pembicaraan koalisi. Hal itu sebagai persiapan jika pada penentuan kandidat nanti mengusung figur yang sama.

“Hampir dengan semua pengurus partai komunikasi dijalankan. Kalau nanti ada kesamaan figur yang diusung, maka sudah siap untuk bekerjasama memenangkan pilkada,” tutup Susman. (yoh)

Prediksi Koalisi Parpol dan Calon yang Diusung

No Parpol                                           Bapaslon Diusung
1   Nasdem, Partai Berkarya, Golkar     Gusnan Mulyadi-Rifai Tajudin
2   PDIP, Golkar dan Gerindra              Budiman Ismaun-Helmi Paman
3   PAN, PKPI dan Demokrat                Hartawan-Darmin
4   Golkar, Gerindra dan Perindo          Dewi Sartika-Sepuan Yunir
5   Demokrat dan Gerindra                  Mayor Andi-Elly Zuliani
6   Demokrat dan Golkar                     Mayor Andi-Dodi Martian/Susman Hadi

(Sumber: diinput dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here