Infonya, Ada Oknum “Bermain” di Bantuan UMKM

Herman : Bantuan Tidak Dipungut Biaya

0
741

KOTA MANNA – Kepala Dinas Perindagkop-UM BS, Herman Sunarya, MH menegaskan, proses mendapatkan bantuan modal usaha Rp 2,4 juta untuk pelaku UMKM tidak dipungut biaya apa pun alias gratis. Masyarakat diminta jangan mau jika ada oknum yang meminta imbalan dalam proses pengajuan ataupun pencarian bantuan modal tersebut.

“Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemberian bantuan modal Rp 2,4 juta itu diberikan untuk membantu masyarakat. Tidak ada biaya sepeserpun yang dibebankan kepada masyarakat untuk mendapat bantuan itu,” tegas Herman.

Ia mengaku mendapat informasi dilapangan ada oknum yang bermain dalam pengajuan bantuan modal UMKM. Oknum tersebut memanfaatkan celah agar mendapat jatah dari bantuan tersebut. “Informasi yang saya terima, ada oknum yang meminta Rp 500 ribu dari masyarakat yang menerima bantuan UMKM. Modusnya sebagai balas jasa telah mengusulkan dan memperjuangkan mendapatkan bantuan tersebut,” sebut Herman.

Herman berharap agar pungutan liar seperti itu tidak terjadi lagi. Masyarakat jangan sampai tertipu dengan modus yang dilakukan oknum nakal. Ia pun berharap jika ada oknum yang meminta jasa dari bantuan UMKM agar segera dilaporkan. “Kalau ada oknum yang meminta jatah UMKM, laporkan ke saya atau ke polisi, biar ditindak,” tegasnya.

Ditambahkan Herman, bagi masyarakat yang mengusulkan bantuan modal UMKM agar segera mengecek apakah usulan tersebut disetujui atau tidak. Jika disetujui, maka segera proses pencarian uangnya melalui bank. Sebab dari informasi BRI, masih banyak penerima bantuan UMKM yang belum mengambil uang yang sudah masuk rekening. (yoh)