Final, GM Daftarkan PHP Kada ke MK

0
63
ilustrasi

KAUR – Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Kaur 2020 benar-benar bergulir ke Mahkamah Konstitusi (MK) RI. Pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Gusril Pausi-Medi Yuliardi, meregister gugatan PHP Kada ke MK dengan nomor 45/PAN.MK/AP3/12/2020, Jumat (18/12). Register PHP tertulis pukul 18.43 WIB dan diterima oleh Panitera, Muhidin, SH, M.Hum.

Pokok gugatan perkara yakni permohonan pembatalan Keputusan KPU Kaur Nomor 190/PL.02.6-Kpt/1704/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi perhitungan perolehan suara. Kuasa Hukum Tim GM, Novran Harisa, Mudarwan Yusuf, Herwinsyah, Andi Saddam Alfi, Ahmad Suherman, Ardian dan Arman.

GM menggugat keputusan KPU Kaur tersebut dan meminta MK menetapkan paslon nomor urut 1 sebagai pemenang pilkada atau setidak-tidaknya dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah TPS di Kaur. Kuasa Hukum GM, Mudarwan Yusuf, mengaku sudah menyerahkan materi gugatan tersebut ke MK pada 18 Desember lalu.

“Sudah kita ajukan, kita sedang melakukan persiapan perbaikan yang akan kita sampaikan ke MK. Gugatan sudah teregister,” bebernya dihubungi Rasel via telepon,(20/12).

Disampaikan Mudarwan, ada beberapa materi gugatan yang menjadi kesatuan yang tak terpisahkan yang akan disampaikan ke MK. Salah satunya tidak adanya tanda tangan sejumlah pemilih dalam daftar hadir di beberapa KPPS atau C7.

Bahkan pihaknya menemukan ada indikasi tanda tangan pemilih yang dipalsukan oleh KPPS dalam formulir C7. Dengan demikian, kuat dugaan yang memilih bukan orang yang ada dalam DPT atau tak menutup kemungkinan pemilihnya sendiri tidak ada sama sekali.

Sementara itu, Tim Pemenangan GM, Martina Sulistiawati, meminta pendukung GM tetap bersabar menunggu. Ketua DPC PDIP Kaur ini menyebut beberapa temuan sedang disiapkan untuk diajukan ke MK. “Tetap semangat, kita tetap berusaha. Tetaplah solid dan jaga solidaritas,” ungkapnya, kemarin. (jul)