Enam Madrasah Diusulkan Jadi Negeri

0
24
Kakan Kemenag BS (tengah) saat mendampingi Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Zahdi Taher saat berkunjung ke Ponpes Makrifatul Ilmi dalam rangka Hari Santri Nasional beberapa waktu lalu

PASAR MANNA – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) BS mengusulkan enam madrasah di bawah naungan mereka beralih status dari swasta menjadi negeri. Usulan tersebut disampaikan tahun 2019 lalu, dan kini masih menunggu proses verifikasi dan persetujuan dari Kemenag RI.

Kakan Kemenag BS, H. Arsan Suryani, MHI mengatakan, keenam madrasah itu yakni empat Madrasah Aliyah (MA) dan dua Madrasah Ibtidaiyah (MI). “Syaratnya sudah lengkap, termasuk rekomendasi dari Bupati dan Gubernur. Sudah kami usulkan tinggal menunggu persetujuan lagi,” kata Arsan.

Dikatakannya, terdapat 23 lembaga pendidikan mulai dari tingkat Raudhatul Atfhal (RA), MI, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan MA di BS. Namun baru delapan madrasah saja yang sudah berstatus negeri. “Untuk itu, kami usulkan kepada bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu. Agar membantu proses penegerian sejumlah madrasah swasta yang ada di BS ini,” imbuh Arsan.

Dengan dijadikannya madrasah tersebut berstatus negeri. Banyak manfaat dan kelebihan yang didapat, tidak hanya sekolah itu sendiri, para wali murid juga mendapatkan manfaatnya. Salah satunya keringanan biaya sekolah. Selain itu juga untuk pengembangan pendidikan serta sarana dan prasarana pendidikan di madrasah itu sendiri. Sehingga, madrasah tersebut bisa menyajikan standar pendidikan yang dibutuhkan masyarakat.

“Harapannya, setiap kecamatan ada satu madrasah yang negeri. Sehingga warga tidak perlu jauh-jauh lagi menyekolahkan anaknya ke sekolah negeri. Apalagi, madrasah kini sudah menjadi pilihan,” sambungnya.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Bengkulu, Drs. H. Zahdi Taher, MHI dalam kunjungannya ke BS juga menyatakan komitmennya dalam memajukan lembaga pendidikan di bawah naungan Kemenag. Pihaknya siap mengkaji dan mendukung semua program positif yang dikembangkan. Tujuannya, agar kualitas pendidikan dan sumber daya manusia semakin baik lagi ke depannya. (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here