Eksekusi Dua Terdakwa Kasus Dana Kesra 2015

0
58
BAYAR: Pihak keluarga Heriadi membayar sisa uang pengganti ke Jaksa Penuntut Umum Kejari BS

KOTA MANNA – Dua terdakwa kasus korupsi dana Bagian Kesra Setda BS tahun anggaran 2015, Heriadi dan Nexle Yustia, dieksekusi oleh Jaksa Kejari BS. Eksekusi dilakukan setelah putusan kedua terdakwa dinyatakan inkrah.

“Kami sudah menjalankan putusan Majelis Hakim. Kedua terdakwa sudah dieksekusi karena putusan hukum sudah inkrah. Berdasarkan salinan putusan yang kami terima, keduanya tidak melakukan upaya banding,” kata Kajari BS, Nauli Rahim Siregar, SH didampingi Kasi Pidsus, Marjek Ravilo, SH.

Dari kedua terdakwa, Heriadi sudah melunasi uang pengganti sebesar Rp 159.519.900. Pembayaran uang pengganti dilakukan melalui Kejari BS untuk akan disetorkan ke kas negara.

“Terdakwa Heriadi telah membayar lunas uang pengganti. Sedangkan terdakwa Nexle baru membayar Rp 50 juta,” terang Kasi Pidsus.

Sebelumnya, kedua terdakwa divonis bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bengkulu. Keduanya dijatuhi vonis kurungan penjara selama dua tahun dan denda Rp 50 juta subsidiar dua bulan kurungan penjara.

Dalam persidangan di PN Bengkulu, 4 November lalu, Majelis Hakim menyatakan mantan Kabag Kesra Setkab BS tahun 2015 yang juga mantan Kepala Dinsos BS, serta mantan Bendahara Bagian Kesra tersebut bersalah melakukan korupsi yang menyebabkan kerugian negara hingga Rp 159 juta. Vonis Majelis Hakim sama dengan tuntutan JPU Kejari BS yang diketuai, Marjek Ravillo, SH.

Majelis Hakim juga mewajibkan kedua terdakwa membayar uang pengganti Rp 159 juta dipotong uang kerugian negara yang sudah dikembalikan.S Setelah putusan Majelis Hakim, Nexle sempat menyatakan akan melakukan banding. Sementara Heriadi menyatakan menerima putusan dan lebih memilih menjalani masa hukuman.

Dalam persidangan, Nexle sempat menyatakan akan melakukan upaya banding. Namun hingga Rabu (18/11), Nexle mengubah pendiriannya dan memilih menerima putusan Majelis Hakim. Hal itu membuat Jaksa mengeksekusi keduanya untuk menjalani hukuman di Rutan Manna. (yoh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here