Dua Nakes Konfirmasi Covid-19

0
283
ilustrasi virus corona
Ilustrasi

KOTA MANNA – data tim Satgas Penanganan Covid-19 BS, menunjukkan adanya tambahan warga konfirmasi Covid-19. Data hingga Minggu (29/11), total warga Konfirmasi Covid-19 di BS mencapai 27 orang.

Dari data tersebut, dua di antaranya meninggal dunia. Sedangkan 22 orang lainnya dinyatakan sembuh dan tiga orang masih menjalani isolasi mandiri maupun dalam perawatan medis.

Dua kasus yang menjalani isolasi tercatat sebagai tenaga kesehatan (nakes) RSHD Manna. Berdasarkan hasil swab, keduanya dinyatakan konfirmasi Covid-19. Yakni La (27), warga Jalan Canada Kecamatan Kota Manna, yang baru mendapati hasil swab pada 28 November.

Pasien diduga terpapar Corona setelah melakukan perawatan di ruang isolasi RSHD Manna. Kontak langsung dengan salah satu pasien Covid-19 yang dirawat menyebabkan La ikut terpapar Corona.

“Tiga orang masih menjalani isolasi mandiri atau perawatan medis. Dua di antaranya merupakan tenaga kesehatan yang diduga terpapar akibat kontak dengan pasien Covid-19 yang dirawat,” ujar Kepala Dinkes BS, Siswanto M.Si, melalui Kabid P2P, Ns. Elfa Sari, S.Kep, M.Kes.

Disampaikan Elfa, potensi warga terkonfirmasi masih terbuka. Pasalnya total warga yang tercatat sebagai suspek Covid-19 mencapai 120 orang atau terus meningkat.

Bahkan dari data suspek, 98 orang dinyatakan sehat dan suspek konfirmasi ada 4 orang. Sedangkan 16 orang lainnya, masih dalam pemantauan tim medis.

“(Kasus Covid-19) masih terus bertambah. Untuk itu, warga diingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena yang dikhwatirkan jumlah warga suspek masih terus bertambah, kondisi ini akan menambah peluang kasus baru apalagi beberapa hari terakhir banyak yang dilaporkan mengalami gejala Covid-19, seperti kehilangan penciuman, batuk dan flu sehingga mereka disarankan mengisolasi diri,” ujar Elfa.

Ditambahkan Elfa, kasus suspek merupakan orang dengan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum gejala, memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di wilayah yang dilaporkan tranmisi lokal atau pernah memiliki kontak erat dengan konfirmasi Covid-19 atau orang yang ISPA berat sehingga membutuhkan perawatan khusus.

“Dengan bertambahnya jumlah kasus Covid-19 ini, warga harus tetap hati-hati. Terus terapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir,” tutup Elfa. (one)