Dua Anggota Kodim Reaktif Covid-19

0
557
SWAB : Prajurit Kodim 0408 BS-Kaur mengikuti uji swab massal guna mengantisipasi lebih dini penularan covid-19

KOTA MANNA – Uji swab massal dan rapid antigen diikuti ratusan prajurit TNI AD Komando Distrik Militer (Kodim) 0408 Bengkulu Selatan (BS)-Kaur Kamis (21/1). Hasilnya, dua dari 340 prajurit dinyatakan reaktif covid-19. Dua prajurit tersebut berinisial Serka AD, anggota unit Intel Kodim, dan Koptu JN yang bertugas di Koramil 04 Bintuhan.

Kedua prajurit tersebut langsung diminta untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan. Selain itu, untuk lebih memastikan hasil swab, Kodim 0408 masih menunggu hasil analisis PCR di Laboratorium Dinas Kesehatan Tentara (DKT) Makodam II Sriwijaya Palembang.

“Memang ada dua prajurit kami yang terkonfirmasi reaktif Covid-19. Semuanya telah diperintahkan untuk isolasi mandiri. Keluarga terdekat prajurit juga dilakukan uji swab untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujar Dandim 0408 BS-Kaur, Letkol Inf Yudha Nugraha.

Lanjut Dandim, meskipun masih berstatus reaktif, namun hal itu belum bisa dipastikan apakah kedua prajurit tersebut benar-benar terpapar Covid-19. Meski demikian, pengawasan ketat akan diterapkan. Bahkan, riawayat perjalanan keduanya akan ditracking guna antisipasi atau pencegahan lebih dini.

“Kepastian apakah yang bersangkutan positif covid-19 atau tidak, nanti pas hasil uji PCR keluar. Insya Allah minggu depan uji swabnya akan keluar,” terang Dandim. Penegakan kedisiplinan prokes pencegahan Covid-19, terutama di interen Makodim 0408 menurut Dandim akan terus ditingkatkan.

Prajurit dan pengunjung yang hadir wajib menggunakan masker, berjaga jarak, serta menjaga kebersihan lingkungan secara maksimal. “Mudah-mudahan saja hasil swabnya nanti menunjukkan kedua prajurit kami negatif,” harap Dandim. (cw2)